Jayapura (Antaranews Papua) - Sebanyak 500 personel keamanan yang terdiri dari anggota Polri dan TNI, dikerahkan untuk mengamankan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur di KPU Papua.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Tober Sirait kepada Antara, Selasa mengatakan, aparat keamanan sudah disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan pendaftaran hari kedua di KPU Papua yang berlokasi di Jalan Soa Siu Dok V.

Selain menggerahkan personel, kata mantan Kapolres Keerom itu, sejumlah peralatan berat juga disiapkan seperti watercanon dan kapal patroli milik polair.

"Banyaknya personel yang dikerahkan itu karena tidak saja dipusatkan di sekitar kawasan KPU Papua tetapi juga di sejumlah kawasan, kata Kapolres Jayapura Kota.

Ketika ditanya situasi kamtibmas, Kapolres Jayapura Kota mengaku, secara keseluruhan situasi aman dan terkendali.

Sementara itu anggota KPU Papua Isak Hikoyabi secara terpisah mengatakan, pasangan petahana, Lukas Enembe-Klemen Tinal dijadwalkan mendaftar ke KPU Papua pukul 15.00 Wit.

"Surat pemberitahuan untuk mendaftar ke KPU Papua sudah dilayangkan tim koalisi Papua bangkit," kata Isak Hikoyabi yang membidangi logistik dan keuangan.(*)

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024