Jayapura (Antaranews Papua) - Seorang pekerja bangunan di lokasi pembangunan stadion PON 2020 di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua,  menemukan sebuah granat peninggalan Perang Dunia ke-II.

Kapolres Jayapura AKBP Victor D Mackbon ketika dikonfirmasi dari Kota Jayapura, Kamis, membenarkan penemuan granat oleh salah seorang pekerja bangunan di lokasi pembangunan stadion Papua Bangkit untuk PON 2020.

"Iya, benar tadi dilaporkan demikian," katanya.

Menurut dia, kasus penemuan granat itu telah ditangani oleh Polsek Sentani Timur.

"Penemuan granat itu langsung ditindaklanjuti oleh Polsek Sentani Timur," kata Victor.

Sementara itu, Kapolsek Sentani Timur Iptu Lambertus Sattu menjelaskan bahwa penemuan granat itu dilaporkan kepada Serka Herry sekitar pukul 11.000 WIT.

"Jadi, keamanan pembangunan stadion PON melaporkan bahwa salah satu pekerja menemukan granat diduga peninggalan Perang Dunia II," katanya.

Berdasarkan laporan tersebut, kata dia, Serka Herry langsung ke lokasi dan mengamankan satu buah granat tangan dan dimasukkan ke dalam plastik.

"Kini granat tersebut lagi di Mapolsek Sentani Timur untuk diamankan sambil menunggu unit identifikasi dari Polres Jayapura," katanya.

Pada masa Perang Dunia II, Kampung Harapan yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Jayapura, Papua, merupakan salah satu basis dari Amerika Serikat dalam mengendalikan perang di wilayah Pasifik. (*)

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024