Jayapura (Antaranews Papua) - Satuan Polair Polres Merauke membutuhkan kapal patroli berkapasitas besar guna menunjang pengawasan di perairan kawasan selatan Papua.

"Saat ini kami hanya memiliki satu unit kapal patroli dengan klasifikasi C3 sehingga tidak mampu menjangkau ke seluruh pelosok perairan Merauke," kata Kasat Polair Polres Merauke AKP Sakka di Jayapura, Rabu.

Selain peralatan pendukung yang terbatas juga jumlah personil yang hanya 22 orang sehingga kedepan diharapkan dapat ditambah personil yang bertugas di Satpolair Polres Merauke.

Walaupun memiliki keterbatasan armada dan personil namun pihaknya berupaya memaksimalkan seluruh potensi yang ada dengan melakukan komunikasi dengan masyarakat yang bergerak di usaha kelautan.

"Pencurian ikan masih marak di perairan selatan Merauke namun dengan mengedepankan masyarakat lokal diharapkan dapat teratasi," kata Sakka.

Dia menambahkan, moratorium di bidang perikanan belum dicabut sehingga diharapkan kesejahteraan nelayan meningkat termasuk di Merauke.

Binmas pantai terus digalakkan dengan mengedepankan pembinaan guna menyadarkan para nelayan khususnya para pengusaha agar melengkapi perizinan yang dimaksud dan tidak melakukan pelanggaran.

"Para nelayan juga diminta selalu waspada bila hendak melaut untuk mencari ikan karena cuaca terkadang tidak bersahabat," kata Sakka. (*)

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024