Timika (Antaranews Papua) - Uskup Keuskupan Timika, Papua Mgr John Philip Saklil Pr mengingatkan para pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati Mimika yang berkompetisi pada Pilkada 2018 agar menghindari konflik antarmassa pendukung.

"Ada begitu banyak calon yang maju dalam Pilkada Mimika tahun ini. Pesan saya hanya satu, jangan ciptakan konflik. Bertarunglah secara fair dan demokratis. Siapapun pemimpin yang terpilih, itulah pemimpin pilihan rakyat dan bertanggung jawab untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi kehidupan masyarakat Mimika," kata Uskup Saklil di Timika, Senin.

Uskup Saklil menegaskan para pemimpin daerah bertanggung jawab untuk menciptakan suasana daerah yang kondusif, damai, tanpa konflik.

Gereja Katolik Keuskupan Timika, katanya, merasa prihatin lantaran hingga kini masih terus terjadi aksi kekerasan dan pembunuhan sebagaimana di Kwamki Lama.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo mengatakan hampir seluruh lembaga survei di Indonesia, termasuk Bawaslu mengkategorikan Papua dengan indeks kerawanan tertinggi selama penyelenggaraan Pilkada 2018.

"Kami bertekad untuk membalikan prediksi atau asumsi dari semua lembaga survei yang menyatakan Papua paling rawan menjadi daerah yang paling aman selama penyelenggaraan Pilkada 2018. Dengan didukung oleh seluruh Forkompinda, pimpinan DPRP-MRP, para tokoh adat dan tokoh agama yang berkompeten maka kami yakin bisa melakukan itu," kata Soedarmo saat berkunjung ke Timika beberapa waktu lalu.

Sesuai keputusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar, Pilkada Mimika diikuti enam pasangan calon.

Lima pasangan calon berasal dari jalur perseorangan yaitu pasangan Petrus Yanwarin-Alpius Edoway, pasangan Robertus Waropea-Albert Bolang, pasangan Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra, pasangan Hans Magal-Abdul Muis dan pasangan Maria Florida Kotorok-Yustus Way.

Satu-satunya paslon yang berasal dari partai politik pada Pilkada Mimika yaitu pasangan Eltinus Omaleng (petahana) - Johannes Rettob yang diusung koalisi sembilan dari 10 parpol yang memiliki kursi di DPRD Mimika. (*)

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024