Biak (Antaranews Papua) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Biak Numfor, Papua, bekerja sama dengan perusahaan layanan komunikasi PT Telkomsel menjadikan Jalan Sisingamangaraja Distrik Biak Kota sebagai kawasan bebas kendaraan atau Car Free Day pada Sabtu (7/4).

"Untuk kegiatan Car Free Day mulai depan kejaksaan hingga Lapangan Remaja pada Sabtu pagi akan ditutup untuk semua jenis kendaraan," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor Iwan Ismulyanto AP di Biak, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan CFD atau hari kawasan bebas kendaraan sudah diterapkan banyak kota di seluruh Tanah Air.

Esensi dari penyelenggaran kegiatan itu, menurut Iwan Ismulyanto, untuk warga berolahraga pagi dan menghirup udara segar.

Selama kegiatan CFD, kata dia, DLH berama sponsor PT Telkomsel Biak akan melakukan berbagai acara hiburan.

"Tujuan utama dari CFD ini adalah untuk membangun masyarakat yang sehat dengan mengurangi intensitas polusi udara yang ada di perkotaan. Momentum hari bebas kendaraan untuk meningkatkan kepedulian lingkungan bersih, sehat, dan bebas kendaraan," ujar mantan Kepala Distrik Warsa itu.

Salah satu manfaaat CFD, kata dia, akan menjadikan masyarakat lebih bersemagat dalam berolahraga.

"Ya, hal ini dikarenakan format CFD banyak sekali variasi kegiatan di dalamnya, seperti jalan sehat, bersepeda, lari atau `jogging`, senam, dan hiburan," ujarnya.

Program CFD digagas Dinas Lingkungan Hidup dengan harapan agenda setiap bulan di daerah itu sehingga menyediakan kawasan yang bersih, sehat, dan bebas polusi bagi warga Biak. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024