Asmat (AntaranewsPapua) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dalam tahun ini akan menyediakan layanan internet gratis di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, yang nantinya menyasar tujuh titik di Distrik Agats dan Atsy.

Kepala Dinas Informasi Komunikasi, Statistik dan Persandian Kabupaten Asmat Jamaluddin di Asmat, Senin, mengatakan layanan internet itu digratiskan kepada masyarakat agar mereka bisa menikmati fasilitas internet.

Menurut dia, jaringan internet gratis akan dipasang pada tempat-tempat umum yang strategis seperti pasar, puskesmas dan sekolah.

"Nanti dipasang di Pasar Dolog Distrik Agats, Puskesmas Agats, SMP Yaleka Agats, SMP Negeri 2 Agats, SD Negeri Atsy di Distrik Atsy dan Puskesmas Atsy," ujar Jamaluddin.

Pada 2017, Kementerian Kominfo menyediakan layanan internet gratis pada delapan titik, yakni di Pelabuhan Agats, SMA Negeri 1 Agats, SMP Yapis, Kantor Orari, SMA Yansmit, SMP YPPK Agats, Lapangan Yos Sudarso dan Bandara Ewer.

"Semuanya disediakan di fasilitas umum. Yang dibuka tahun lalu sudah on air semuanya. Untuk internet gratis ini pusat kendalinya dari Kementerian Kominfo," katanya.

Sementara penyediaan internet bagi organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Asmat, Dinas Infokom Kabupaten Asmat telah memasang jaringan internet pada 25 instansi pemerintah daerah yang ada.

"Untuk 25 OPD kita sudah pasang jaringan internetnya pada tahun 2017. Hanya saja kapasitasnya belum maksimal. Itu kecuali kabel fiber optik sudah terpasang, baru bisa maksimal. Kami juga memasang jaringan internet di sembilan sekolah pada tahun ini,” katanya.

Pemasangan jaringan internet pada instansi pemerintah sesuai arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terutama guna mendukung pemerintah dalam menerapkan e-Government.

“Kehadiran jaringan internet tentu untuk mendukung pelayanan pemerintahan yang berbasis online,” kata dia. (*)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024