Timika (Antaranews Papua) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menggelar upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila (HKP) ke-73 tahun, di halaman Kantor Sentra Pemerintahan Mimika, Jumat.

Upacara bendera diikuti puluhan aparatur sipil negara dan pejabat Pemkab Mimika, mahasiswa, pelajar SD, SMP, dan SMA, serta anggota TNI dan Polri di Mimika.

Kendati diguyur hujan rintik, upacara berjalan dengan hikmat.

Sekretaris daerah Kabupaten Mimika Ausilius You yang bertindak sebagai pembina upacara dalam amanatnya membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo pada peringatan Hari Lahir Pancasila ke 73 tahun 2018.

Ausilius yang ditemui usai upacara bendera mengatakan Pancasila mengandung nilai-nilai luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena itu harus dijaga dan terlebih khusus diamalkan.

"Karena itu nilai-nilai luhur ini kita jaga, kita pagari dan pelihara dan wujudkan dalam peran serta tugas tanggung jawab masing-masing," ujarnya.

Selain itu menurutnya dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila maka ideologi-ideologi yang tidak sesuai seperti terorisme dapat dilawan.

Khusus kepada para pelajar, Ausilius berpesan agar generasi muda dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila sejak dini, dengan demikian kebdepannya mereka sebagai penerus bangsa dapat membangun negara teristimewa kabupaten Mimika yang lebih baik. (*)

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024