Timika (Antaranews Papua) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Papua, berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan tansportasi baik di sektor laut, darat dan udara di wilayah tersebut.

Pelaksana tugas Kepala Dishub Kabupaten Mimika Yan Slamet Purba, di Timika, Senin, mengatakan pihaknya terus berupaya membangun sarana dan prasarana moda transportasi di semua bidang bersama-sama dengan mitra perhubungan.

Di bidang udara, Dishub Mimika dari waktu ke waktu mulai mengaktifkan kembali lapangan terbang perintis yang sebelumnya digunakan untuk kepentingan misi keagamaan, namun kemudian ditinggalkan karena keterbatasan tertentu seperti di Potowaiburu, Kapiraya, Kokonao,?Agimuga, Jila, Jita, Alama, Singa dan Aroanop.

Bidang transportasi laut, Dishub Mimika terus meningkatkan pelabuhan Pomako, pelabuhan Khusus Amamapare, Pelabuhan Rakyat yang sementara lagi dikembangkan untuk memenuhi kriteria pelabuhan yang representatif.

"Kami akan terus berupaya membangun pelabuhan di setiap distrik baik pelabuan laut maupun pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP). Sementara pelabuhan yang sudah rampung dibangun adalah pelabuhan ASDP Pomako dan Pelabuhan ASDP Kokonao. Sedangkan yang lagi dikerjalan adalah pelabuhan ASDP Sipu-sipu," ujarnya.

Sementara di bidang perhubungan darat, kata Yan, Dishub Mimika telah mengaktifkan kembali trayek dalam dan pinggiran kota yaitu menuju Distrik Mimika Timur, Iwaka, Kwamki Narama dan Mimika Baru.

Kendati demikian, Yan juga meminta dukungan Bupati, Wakil Bupati Mimika dan Sekda untuk terus memperhatikan peningkatan sarana dan prasaran perhubungan di semua sektor sebab menurtnya, kualitas pelayanan transportasi akan lebih baik jika didukung dengan kesediaan sarana dan prasara yang memadai.

Ia juga meminta dukungan dari semua mitra perhubungan untuk terus bekerja sama dalam rangka meningkatkan konektivitas transportasi teristimewa meingkatkan kualitas dan keselamatan transportasi.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024