Jayapura (Antaranews Papua) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua dalam rapat pleno di Kota Jayapura, Rabu malam, menetapkan Meki Nawipa-Oktopianus Gobay sebagai bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada 2018 di Kabupaten Paniai.

"Pada hari ini Rabu tanggal 19 September 2018 pukul 20.38 WIT, pasangan Meki Nawipa-Oktopianus Gobay sah," kata Ketua KPU Papua Theodorus Kossay.

Theodorus berpesan agar pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Paniai periode 2018-2023 merangkul semua pihak untuk membangun daerah.

"Saya berpesan agar bupati dan wakil bupati terpilih untuk merangkul semua pihak karena pertandingan telah usai," kata Theodorus.

Melkianus Kambu dari Divisi Teknis KPU Papua membacakan berita acara penetapan pelaksanaan rapat pleno terbuka pasangan Meki Nawipa-Oktopianus Gobay berdasarkan, pertama putusan MK perihal penyelesaian perselisihan hasil pemilihan di Kabupaten Paniai dengan nomor perkara 71/PHP.BUP-XVI/2018 tanggal 17 September 2018.

Kedua, keputusan KPU Papua Nomor: 76/PL.03.1/91/Kpt/Prov/2018 tentang penetapan sanksi pemberhentian sementara anggota KPU Paniai dan pengambilan tugas serta wewenang.

Ketiga, keputusan KPU Papua Nomor: 94/PL.03.1/91/Kpt/Prov/2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Paniai tahun 2018.

Keempat, keputusan KPU Paniai Nomor: 51/HK.03.6-Kpt/9108/KPU-Kab/VII/2018 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suaradan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Paniai.

Kelima, berita acara rekapitulasi hasil pengitungan suara di tingkat distrik di Kabupaten Paniai pada 28 Juli 2018.

"Sehingga KPU Papua selaku KPU Paniai menetapkan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Paniai tahun 2018 atas nama Meki Nawipa dan Oktopianus Gobay dengan perolehan suara sebanyak 71.072 atau presentase sebanyak 70,48 persen dari suara sah pemilih," kata Melkianus Kambu.

Setelah pembacaan berita acara dilanjutkan dengan pembacaan SK oleh Sekretaris KPU Paniai Yakobus Pigai.

"Memperhatikan berita acara rapat pleno KPU Papua selaku KPU Paniai nomor : 121/PL.03.6-BA/9108/KPU-Kab/IX/2018 tanggal 19 Desember 2018 memutuskan pasangan Meki Nawipa dan Oktopianus Gobay sebagai bupati dan wakil bupati terpilih hasil pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Paniai 2018, keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan," kata Yakobus Pigai.

Sementara itu, Meki Nawipa yang didampingi wakilnya Oktopianus Gobay menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantunya selama proses pesta demokrasi beberapa waktu lalu hingga terpilih sebagai orang nomor satu.

"Karena ini semua di luar dari apa yang saya hadapi selama saya terbang 15 tahun di atas tanah Papua ini. Tetapi di sini saya lihat keadilan Tuhan, dimana dibutuhkan pemimpin-pemimpin yang bersih," kata Meki yang juga seorang pilot.

Meki mengajak para lawan politiknya untuk bersatu dan berjalan bersama membangun Kabupaten Paniai menuju kearah yang lebih baik.

"Saya juga menyampaikan selamat kepada Hengky Kayame bersama tim, mari kita bersatu membangun Paniai dan mari bersama kami untuk memimpin daerah ini. Paniai untuk semua, semua untuk Paniai, artinya orang kecil siapapun dia, mari membangun Paniai yang aman dan damai, komunikasi, kerja sama yang baik untuk menata Paniai lebih baik lagi," katanya.

Meki yang juga pemimpin salah satu maskapai lokal di Papua mengajak seluruh lapisan masyarakat Paniai untuk bersatu padu dalam pembangunan.

"Terima kasih juga buat Pak Naftali, Yehuda, Pak Yunus bersama tim, atas partisipasi bapak-bapak semua pesta demokrasi di Paniai bisa berjalan baik. Demokrasi yang terjadi di Paniai berikan pelajaran yang baik bahwa suatu masalah bisa diselesaikan tanpa konflik, semua bisa dinegosiasi, semua bisa dikomunikasi dan semua bisa dibangun dengan baik," katanya.

Pada rapat pleno yang berlangsung kurang lebih satu jam itu, hadir Kapolres Paniai AKBP Abudullah Wakhid Prio Utomo, Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Jimmy S dan Penjabat Bupati Paniai Musa Isir.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024