Jayapura (Antaranews Papua) - PT Pertamina (Persero) telah merenovasi 137 unit rumah veteran yang tersebar di Pulau Ambon, Pulau Seram, dan Pulau Tual, Provinsi Maluku, dalam kegiatan Bedah Rumah Veteran (BRV) sebagai bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Branch Manager Maluku and Maluku Utara Pertamina MOR VIII, Donny Brilianto, melalui rilis yang diterima Antara di Jayapura, Rabu, dijelaskan tujuan dari Program BRV ini adalah untuk meningkatkan rasa penghargaan kepada para Pahlawan atas jasa-jasa mereka memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

Oleh karena itu, Pertamina bekerja sama dengan Kodam XVI/Pattimura sebagai mitra pelaksana program di lapangan, mulai dari survei, verifikasi data, hingga tahap pembangunan atau renovasi rumah milik Veteran RI di Provinsi Maluku.

"Semoga dengan adanya program ini dapat menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air sekaligus memberikan apresiasi nyata terhadap para pejuang tanah air yang rela berkorban baik jiwa dan harta untuk kemerdekaan RI," ujarnya.

"Program ini tidak akan sukses jika tidak ada keterlibatan dan dukungan antarpihak, maka dari itu kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini, khususnya Kodam XVI/Pattimura, Pemerintah Provinsi Maluku, Pemkot Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kota Tual," sambungnya.

Sementara, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto menyampaikan apresiasi kepada Pertamina atas terlaksananya Program BRV di Maluku.

Menurut dia, dengan total bantuan lebih dari Rp6 miliar untuk merenovasi 137 Rumah Veteran RI di Provinsi Maluku, diharapkan dapat memberikan penghargaan kepada para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai informasi pelaksanaan program BRV sejak tahun 2015 sampai dengan 2016 di 34 provinsi telah menyelesaikan renovasi sebanyak 2.433 unit rumah.

Adapun data rumah yang telah diselesaikan Tahun 2017 adalah sebanyak 1.644 unit rumah di 23 provinsi dan terus bertambah pada tahun 2018. Pertamina terus menjalankan komitmen dalam pelaksanaan penyaluran dana Bina Lingkungan bidang Bantuan Sosial Kemasyarakatan melalui program Bedah Veteran ini.

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024