Jakarta (Antaranews Papua) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Tengah, hingga Kamis (4/10), pukul 21.00 Wita mencapai 1.571 orang.

"Korban meninggal dunia yang sudah dimakamkan 1.551 orang setelah diidentifikasi," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers terkait dengan penanganan gempa dan tsunami Sulawesi Tengah itu, di Graha BNPB Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan korban meninggal dunia terbanyak ditemukan di Kota Palu, yaitu 1.352 orang.

Korban meninggal dunia juga ditemukan di Kabupaten Donggala 144 orang, Kabupaten Parigi Moutong 12 orang, Kabupaten Sigi 62 orang, dan Pasang Kayu satu orang.

"Jumlah korban meninggal dunia yang tim pencarian dan pertolongan temukan kemarin 103 orang. Data masih bisa berubah dan bergerak karena pencarian masih terus dilakukan," katanya.

Gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter yang telah dimutakhirkan oleh BMKG menjadi 7,4 Skala Richter mengguncang wilayah Palu dan Donggala pada Jumat (28/9), pukul 17.02 WIB.

Pusat gempa berkedalaman 10 kilometer itu berada di 27 kilometer timur laut Donggala.

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024