Jakarta (Antaranews Papua) - Barcelona tidak mengalami kesulitan untuk menaklukkan Inter Milan dengan skor 2-0, pada pertandingan penyisihan ketiga yang berlangsung pada Kamis dini hari WIB, meski tim Katalan itu tidak diperkuat Lionel Messi.

Klub Katalan ini membuka keunggulan melalui mantan pemain Inter, Rafinha, sebelum bek Jordi Alba mengamankan raihan tiga poin melalui golnya pada fase akhir pertandingan. Kemenangan ini mengokohkan posisi Barca di puncak klasemen Grup B, dengan koleksi sembilan poin. Sedangkan Inter tertahan di peringkat kedua dengan koleksi enam poin.

Rafinha membuka keunggulan Barca atas klub yang sempat ia perkuat pada musim lalu, setelah menyelesaikan umpan satu dua sentuhan dengan Luis Suarez lewat sepakan voli pada menit 32.

Di tengah upaya gigih Inter untuk menyamakan kedudukan, gol Alba pada akhir babak kedua meruntuhkan daya juang tim tamu.

Hasil itu sekaligus membuat catatan kemenangan beruntun Inter di semua kompetisi terhenti di angka tujuh laga saja.

Pasukan Ernesto Valverde memantapkan posisinya di puncak klasemen Grup B dengan raihan sembilan poin, sedangkan Inter (6) duduk di peringkat kedua.

Pertemuan kedua tim yang akan berlangsung di San Siro, Milan, Italia, berpotensi menghasilkan tiket kelolosan bagi Barcelona jika mereka berhasil memetik kemenangan.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen, Roberto, Picue, Lenglet, Alba, Rakitic, Busquets, Arthur (Vidal 78'), Rafinha (Semedo 72'), Suarez, Coutinho (El Haddadi 88')
Pelatih: Ernesto Valverde

Inter Milan (4-2-3-1): Handanovic, D'Ambrosio, Skriniar, Miranda, Asamoah, Vecino, Brozovic, Candreva (Politano 46'), Valero (Martinez 63'), Perisic (Balde 77'), Icardi
Pelatih: Luciano Spalletti

Pada pertandingan Grup B lainnya, dua tim terbawah grup, PSV Eindhoven dan Tottenham Hotspur, harus puas dengan hasil imbang 2-2.

Saling berbalas gol terjadi pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Phillips, Belanda, ini. PSV unggul terlebih dahulu melalui gol Hirving Lozano, Tottenham kemudian menyamakan kedudukan dan berbalik memimpin melalui gol Lucas Moura dan Harry Kane.
  Kapten PSV Eindhoven Luuk de Jong merayakan gol yang dicetaknya saat berhadapan dengan Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Champions yang dimainkan pada Kamis (25/10/2018) dini hari WIB. (twitter.com/psveindhoven)
Tim London itu kemudian mendapat hantaman saat kiper Hugo Lloris diusir keluar lapangan pada fase akhir pertandingan. Keunggulan jumlah pemain ini sukses dimaksimalkan kapten PSV Luuk de Jong untuk menyamakan kedudukan.

Pada pertandingan putaran selanjutnya yang akan dimainkan pada 7 November, Barcelona akan bertandang ke markas Inter, sedangkan Tottenham ganti menjamu PSV.

Pada pertandingan lain Grup B, Kapten Luuk De Jong mencetak gol larut untuk menyamakan kedudukan bagi PSV Eindhoven ketika mereka bermain imbang 2-2 dengan Tottenham Hotspur pada Rabu, hasil yang tidak banyak membantu ambisi Liga Champions kedua klub.

Sepakan Hirving Lozano yang terdefleksi membawa PSV memimpin pada menit ke-30 di pertandingan Grup B ini, namun Lucas Moura menyamakan kedudukan sebelum turun minum, dan ketika Harry Kane membawa Tottenham unggul pada menit ke-54 tim tamu terlihat mengendalikan situas sepenuhnya, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA.

Sikap emosional membuat kiper Tottenham Hugo Lloris diusir keluar lapangan pada menit ke-79, dan PSV yang mendapatkan kembali semangatnya berhasil mengamankan satu poin saat De Jong menyambar bola untuk masuk ke gawang dari jarak dekat.

Hasil ini membuat PSV dan Tottenham mengoleksi satu poin dari tiga pertandingan, di mana Barcelona dan Inter Milan keduanya telah memiliki enam poin sebelum pertandingan pada Kamis dini hari di Nou Camp.

Dengan kedua tim telah kalah dari Barcelona dan Inter Milan pada dua pertandingan pertamanya, hanya ada sedikit ruang untuk kesalahan di Stadion Philipps.

Tottenham, yang pengatur serangannya Christian Eriksen kembali masuk tim inti setelah pulih dari cedera otot perut, menyesuaikan diri dengan cepat dan Kane mendapat beberapa peluang di awal laga, melepaskan tandukan yang membentur mistar gawang dan melepaskan tembakan yang melambung.

PSV kemudian membuka keunggulan pada menit ke-30. Berawal dari bola bek Spurs Toby Alderweireld yang direbut pemain Meksiko Lozano, dan meski Alderweireld berupaya melakukan tekel, bola tembakan Lozano terdefleksi dan melambung melewati Lloris.

Tottenham meresponnya dengan gol Davinson Sanchez yang tidak disahkan, namun klub London utara itu kemudian mampu menyamakan kedudukan berkat sepakan Moura yang terdefleksi setelah pergerakan bagus Eriksen dan bek kanan Kieran Trippier.
    
Upaya pemain PSV Gaston Pereiro mengenai tiang gawang sebelum turun minum, namun saat babak kedua dimulai Tottenham terlihat tampil lebih baik.

Eriksen kembali menjadi pemicu timnya ketika Tottenham berbalik unggul, kali ini ia bekerja sama dengan Son Heung Min di sisi kiri lapangan sebelum melepaskan umpan silang yang dengan mudah ditanduk Kane dari jarak dekat.

Tembakan Erik Lamela membentur mistar gawang ketika Tottenham terus berupaya mengamankan kemenangan, namun saat mereka terlihat akan membawa pulang tiga poin, mereka justru kemasukan.

Lloris keluar dari gawangnya dan menjatuhkan Lozano -- kapten yang membawa Prancis menjuarai Piala Dunia itu tidak memberi banyak pilihan kepada wasit Slavko Vincic selain mengeluarkan kartu merah dari sakunya.

Situasi makin memburuk bagi pasukan Mauricio Pochettino ketika mereka kemudian justru harus kemasukan gol, gagal menyapu bola sebelum kemudian De Jong menyambarnya untuk menaklukkan kiper pengganti Michel Vorm.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:
PSV (4-3-3): Zoet, Dumfries, Schwaab, Viergever, Angelino, Rosario, Pereiro (Gakpo 83'), Hendrix, Lozano, De Jong, Malen
Pelatih: Mark van Bommel

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris, Trippier, Alderweireld, Sanchez, Davies, Dembele (Winks 74'), Dier, Moura (Lamela 64'), Eriksen, Son (Vorm 81'), Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Berikut hasil rangkaian pertandingan pekan ketiga Grup B Liga Champions seturut laman resmi UEFA:

Klasemen Grup B
Tim   M   M   I   K   Gol   P         
1   Barcelona          3   3   0   0   10-2   9         
2   Inter Milan        3   2   0   1   4-4   6         
3   PSV Eindhoven  3   0   1   2   3-8   1         
4   Tottenham        3   0   1   2   5-8   1

Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024