Biak (Antaranews Papua) - Dinas Perikanan (Disperik) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengelar lomba menu memasak serba ikan dalam rangka mengalakkan program kegiatan gemar memakan ikan di kalangan masyarakat di wilayah Timur Indonesia, Selasa.

Asisten III Sekretaris Biak, Andrias Franky Lamecky mengatakan program gerakan memasyarakatkan makan ikan yang salah satunya kegiatan adalah melalui lomba memasak serba ikan merupakan bentuk nyata untuk mencerdaskan dan menyehatkan masyarakat.

Dia mengatakan lomba memasak menu serba ikan ini, merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan baku serba ikan.

Lomba memasak serba ikan yang diikuti anggota tim pengerak PKK tingkat distrik dan kampung itu rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Disperik.

"Saya berharap hasil dari lomba memasak serba ikan tingkat kabupaten ini diharapkan dapat menciptakan kreasi menu masakan berbahan baku ikan yang dapat menjadi salah satu daya tarik wisata di bidang kuliner," kata Andrias.

Dia menambahkan, dengan adanya kegiatan seperti ini, animo masyarakat untuk mengonsumsi ikan terus meningkat setiap tahunnya.

"Lomba ini juga menggali potensi daerah untuk menyebarluaskan informasi menu makanan berbahan baku ikan, khususnya sebagai menu hidangan keluarga sehari-hari dengan aroma bumbu tradisional yang menyehatkan," ujar Andrias.

Juara pertama lomba memasak serba ikan yakni distrik Biak Timur, juara dua Distrik Yendidori serta juara tiga Distrik Biak Timur.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024