Jayapura (Antaranews Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengagendakan pertemuan dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) guna mengetahui dukungan perusahaan tambang di Timika, Kabupaten Mimika itu, terhadap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020..

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen di Jayapura, Rabu, mengatakan hasil konsolidasi selama dua bulan terakhir, salah satunya adalah bertemu dengan Freeport agar bisa berkontribusi untuk pembangunan dan penyelenggaraan PON 2020 pada beberapa kabupaten dan kota lainnya di Bumi Cenderawasih.

"Freeport memberikan respons yang positif, selain itu juga kini telah dibuat skema, termasuk di antaranya rehab sarana olahraga dan pembangunan venue baru dan penyelenggaraannya pada hari H nanti," jelasnya.

Menurut dia, pihaknya akan duduk bersama lagi untuk membuat pemetaan secara spesifik, jelas dan tegas mengenai apa-apa yang menjadi kontribusi lanjutan dari PT Freeport Indonesia.

"Pemprov Papua berterima kasih atas kontribusi PT Freeport Indonesia yang juga telah membangun beberapa venue di Kota Timika, Kabupaten Mimika," ujarnya.

Hal senda diungkapkan Vice President Corporate Communication PTFI Riza Pratama yang mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik ajakan dari pemerintah provinsi untuk bersama-sama menyukseskan iven olahraga nasional tersebut.

"Persiapan kami tentunya sudah menyiapkan satu venue yang besar buat atletik, basket dan beberapa cabang atletik lainnya," ujarnya.

Dia menambahkan, ke depannya akan kembali duduk bersama-sama untuk memetakan beberapa hal, apa yang bisa dibantu lagi selanjutnya.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024