Jayapura (Antaranews Papua) - Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Jayapura di Kampung Kota, Distrik Abepura, Kota jayapura, Papua, telah menghasilkan minuman sehat dari bunga rosela sebagai bahan baku.

"Untuk produk minuman olahan bunga rosela kami sudah bisa hasilkan meski belum mendapat izin produksi, sehingga belum keluar ke pasar umum," kata Kepala SMK Negeri 4 Jayapura Joselina Akerina di Jayapura, Sabtu.

Ia mengatakan rosela atau sering disebut asam paya atau asam kumbang dan asam susur atau Hisbiscus sabdariffa adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika.

Mulanya bunga yang juga cantik itu hanya dijadikan penghias halaman rumah. Kini dapat diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas.

Khasiat rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, hipertensi, diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam.

Juga menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.

Namun, hingga kini pihak SMK 4 Jayapura masih mencari formula yang tepat untuk menghasilkan minuman resela yang digemari banyak orang,

"Yang paling penting kami akan pamerkan prodak minuman bunga rosella ke pasar luar kalau kami sudah mendapat izin produksi," ujarnya.

Joselina mengatakan selain membuat produk minuman dari bunga rosela, sekolah yang dipimpinnya juga menghasilkan produk sayur organik, ayam potong, ikan lele dan ikan nila.

Mereka juga menyediakan benih ikan nila dan lele, tanaman buah dalam pot. Tanaman buah dalam pot itu yakni klengkeng, mangga, sawo kemudian bibit buah pinang dan buah anggrek.

"Kami juga memiliki kultur jaringan namun hasilnya belum maksimal, bulan lalu kami baru siapkan rumah hidroponik," ujarnya.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024