Timika (Antaranews Papua) - Legislator dari Partai Nasdem Aser Gobai berharap pergantian jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika yang dijabat Ausilius You, pada Kamis (22/11), sesuai prosedur.

Aser di Timika, Selasa, mengatakan Bupati Mimika Eltinus Omaleng memiliki kewenangan mengusulkan nama calon pejabat Pratama tersebut, namun keputusan ada di tangan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai wakil dari pemerintah pusat untuk menolak atau menerima usulan bupati.

"Kami berharap proses sampai pada pemberhentian sekda dan mengangkat sekda yang baru sudah sesuai prosedur dan dengan alasan yang kuat. Bukan atas dasar suka atau tidak suka," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengagendakan pelantikan pejabat Pratama Mimika, Ausilius You pada Senin (19/11) di Timika.

Namun, pejabat bersangkutan sementara berada di luar daerah maka ditunda pelaksanaannya pada Kamis (22/11).

Bupati Eltinus pada Senin (19/11) mengatakan alasan penggantian pejabat sekda itu lantaran sudah lama bertugas yaitu lima tahun.

Eltinus juga tidak mengungkapkan alasan lain pemberhentian Ausilius You.

Ausilius You, kata Omaleng nantinya akan mengisi jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Mimika Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan menggantikan Christian Karubaba.

Sementara Christian Karubaba akan diangkat dalam jabatan baru sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan menggantikan Adolof Haley yang sedang dalam proses pengobatan karena sakit.

Sedangkan pejabat baru yang akan menggantikan Ausilius?untuk menempati posisi sekda, masih dirahasiakan Bupati Eltinus.

Aser pun menilai kinerja Ausilius You selama menjabat sekda cukup memuaskan yang mana membantu pemerintah daerah Mimika sehingga penanganan, pengembangan dan pembangunan selama lima tahun berjalan dengan baik.

"Artinya Ausilius bisa menjabat sekda untuk beberapa tahun kedepan jika dilihat dari kinerjanya dan itu dijamin kendati masa jabatan sekda hanya lima tahun. Tapi kami menilai Ausilius masih bisa berkerja dengan baik selama menjabat. Kan lucu Ausilius turun menjadi staf ahli artinya dia turun eselon," kata Aser.

Menurut dia, para pejabat di sekitar bupati seharusnya memberikan telaah yang bijaksana sehingga kedepannya tidak terjadi polemik di Kabupaten Mimika sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Apalagi untuk menghadapi tugas akhir tahun yaitu penetapan APBD Induk Mimika 2019 yang mana sekda sebagai ketua tim anggaran eksekutif.

Pemberhentian Ausilius You yang dijadwalkan Kamis (22/11) bukan baru pertama.

Sebelumnya Eltinus menghentikan Ausilius dari jabatan sekda dan diganti oleh Alfred Dou sebagai PLT sekda Mimika pada 9 Juni 2016 lalu.

Alfred kemudian menyatakan pengunduran dirinya pada 16 Januari 2017 dengan memperhatikan surat Mendagri nomor 821/7980/OTDA tanggal 17 Oktober 2016 yang diteruskan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe dengan surat nomor 133/14472/SET tanggal 23 November 2016 tentang pengaktifan kembali Ausilius You sebagai Sekda Mimika.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024