Jayapura (Antaranews Papua) - Tim kebanggaan warga Kota Jayapur dan Papua, Persipura Jayapura, berhasil mengalahkan PSMS Medan dengan skor telak 3-1 pada lanjutan Liga 1 Indonesia, di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Sabtu (24/11) sore.

Kemenangan ini membawa Persipura naik ke papan tengah klasemen sementara pada pekan ke-32 Liga I Indonesia, yakni di posisi ketujuh dengan 44 poin, dibawah posisi Bali United, Borneo, Bhayangkara FC, Persib,  dan Persija Jakarta, serta PSM Makassar yang menempati puncak klasemen.
   
Bermain di hadapan ribuan pasang mata pendukung Persipura, tim merah hitam, julukan lain Persipura Jayapura berhasil membungkan perjuangan tim asal pulau Sumatera yang diasuh oleh Peter Butler.
   
Gol-gol tim skuad asuhan Oswalod Lessa ini dicetak oleh Boaz TE Solossa dan dua gol dari kaki Hilton Moreira, sementara gol pelipur lara dari tim tamu PSMS Medan didapatkan melalui titik putih yang dicetak oleh Shohei Matsunaga.
   
Hilton Moreira mencetak gol pertama Persipura pada menit 49 dari luar kotak pinalti dengan melepaskan tendangan keras kearah kiri gawang yang tidak bisa ditepis oleh kiper Abdul Rohim.
   
Gol keduanya dicetak lewat umpan pendek Boaz TE Solossa yang tinggal berhadapan dengan kiper Abdul Rohim. Umpan itu langsung ditendang oleh Hilton yang berlari bebas tanpa terkawal pemain bertahan PSMS Medan.
   
Sementara gol dari sang kapten Persipura Jayapura, Boaz TE Solossa setelah menerima umpan silang dari Tod Rivaldo Ferre yang bergerak laju menggiring bola dari sisi kanan pertahanan PSMS Medan.
   
Bola tersebut melewati dua pemain bertahan PSMS Medan dan langsung disambut dengan tendangan terukur didalam kotak pinalti oleh suami dari Adelina Gedy itu.
   
Sebelum laga ini dimainkan, Persipura Jayapura berada di posisi ke-12 dengan 41 poin, namun dengan raihan tiga poin maka Boaz TE Solossa dan kawan-kawan berhasil menambah poin menjadi 44 berhak berada di posisi ke-7 klasemen sementara.
   
Namun, posisi ini belum nyaman, karena dua tim dibawahnya yakni Persebaya Surabaya dan Madura United juga memiliki 44 poin dan baru 31 menjalani laga, sementara Persipura telah 32 kali menjalani laga. 
   
Sehingga beberapa waktu kedepan bisa saja tim yang sudah empat kali meraih juara liga itu akan melorot kembali ke posisi 12 atau bahkan ke 13, karena ada tujuh tim dibawahnya yang akan menyalib jika memenangkan laga pekan ke-32.
   
PSMS Medan kian terpuruk didasar klasemen dengan 34 poin dan masih menyisahkan tiga laga sebelum Liga I 2018 selesai.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024