Jayapura (Antaranews Papua) - Sebanyak 50 sinterklas ikut melakukan aksi terjun payung  dan berhasil memukau ribuan warga yang datang dari berbagai tempat di Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

Puluhan sinterklas itu beraksi sekitar pukul 08.00 WIT yang merupakan program dari Binmas Noken Polri untuk menyambut Natal 2018 dan mengibur warga Kota Jayapura dan sekitarnya.

"Ini adalah acara `Santa Claus Is Coming Papua` atau Sinterklas Turun Ke Bumi Papua. Ini hadiah Natal dari Binmas Noken dan tentu saja kegiatan ini terjadi berkat Tuhan yang maha kuasa dimana nanti diawali dengan jalan santai dan dilanjutkan dengan acara hiburan dan terjun payung," kata Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin Siregar.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan kado bagi masyarakat Papua dalam menyambut Natal. "Kami ingin bapak, ibu mengetahui bahwa TNI dan Polri hadir untuk melindungi dan mengayomi serta menjaga masyarakat Papua. Kami ada disini untuk menjaga melindungi dalam perayaan Natal, semoga perayaan Natal dapat berjalan aman dan damai," katanya.

Kapolda berharap kemitraan bersama masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar. "Kehadiran kami disini bisa menjadi penyejuk dan pelindung serta pengayom masyarakat. Kami keluarga besar TNI dan Polri mengucapkan selamat hari Natal kepada masyarakat Papua," kata Martuani Sormin Siregar.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengemukakan kegiatan Santa Clous Is Coming Papua

berupa jalan sehat yang mengambil rute Jalan Soasiu Dok II, Lampu Merah, Gor Cenderawasih, Ruko Jalan Pasifik Permai, lalu kembali dan finish di depan kantor Gubernur Papua Jalan Soa siu Dok II.

Setelah melaksanakan jalan sehat, kegiatan dilanjutkan dengan senam zumba, pembagian doorprize dan persembahan tari adat Papua, lalu acara puncak aksi 50 sinterklas yang terjun dari atas langit Kota Jayapura.

"Setelah itu pemberian hadiah oleh sinterklas kepada perwakilan anak dari 10 Kabupaten di lanjutkan pemberian bingkisan kepada mama-mama Papua," katanya.

Menurut dia, aksi tersebut tercatat dan masuk dalam Rekor Muri dengan kategori jalan sehat dengan menggunakan Noken terbanyak dan rekor Muri terjun payung sinterklas terbanyak. "Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pemenang lomba Noken Papua," kata Kamal.

Agi, salah satu warga Kota Jayapura mengaku baru pertama kali melihat sinterklas terjun dari atas langit Kota Jayapura dan menurut dia, hal itu terlihat unik dan langka.

"Kalau aksi terjun payung lainnya, sudah biasa. Tapi aksi kali ini luar biasa dan unit," katanya mengaku datang bersama anaknya dari Vuria, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Dalam kegiatan tersebut nampak hadir Wakapolda Papua, Kasdam XVII/Cenderawasih, Danlanud Jayapura, Wadanlantamal Jayapura, Kasatgas Nemangkawi, Kasatgas Binmas Noken, Pejabat Utama Polda, Anggota TNI dan Polri, Ibu Ketua dan Wakil Pengurus Bhayangkari Daerah Papua serta ribuan lebih masyarakat Jayapura dan sekitarnya.

 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024