Jayapura (ANTARA News Papua) - Pengurus Provinsi Persatuan Golf Indonesia (Pengprov PGI) Papua merencanakan menggelar pemusatan latihan di Kabupaten Mimika pada awal Februari 2019.

Richard Waromi, Ketua Pengprov PGI Papua di Jayapura, Rabu, mengatakan pemusatan latihan di Mimika ini sesuai agenda KONI, sehingga atlet golf yang ada di luar Bumi Cenderawasih akan dipanggil pulang.

"Atlet golf Papua yang mengikuti pemusatan latihan setiap bulan diberikan uang saku, di mana hak-hak ini langsung dikirim ke rekening masing-masing," katanya.

Menurut Richard, dalam pemusatan pelatihan ini, pihaknya memberikan prioritas bagi anak asli Papua dengan harapan dapat bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Bumi Cenderawasih.

"PGI Provinsi Papua lebih memrioritaskan atlet asli Bumi Cenderawasih, karena kami ingin menjadikan golf ini mempunyai warna di Indonesia," ujarnya.

Meski demikian, kata Richard, ia sudah melaksanakan latihan yang sudah berjalan selama beberapa bulan terakhir ini dengan kekuatan 17 atlet dan dijalani di empat kota, yakni Jayapura, Timika, Surabaya, dan Jakarta.

"PGI Provinsi Papua sudah membuat program kerja untuk 2019 ini, yakni atlet golf Bumi Cenderawasih akan dilibatkan dalam kejuaraan nasional pada beberapa kota di Indonesia," katanya.

Dia menambahkan kejuaraan nasional yang akan diikuti ini untuk mengukur kemampuan atlet Papua selama mengikuti pemusatan latihan, dimana mereka juga dimagangkan pada ajang Pelatnas dengan tujuh nomor yang dipertandingkan.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024