Jayapura (ANTARA News Papua) - Letkol Inf Agus Sunaryo resmi menjabat Komandan Kodim (Dandim) 1714/Puncak Jaya di Provinsi Papua, menggantikan Letkol Inf Akmil Satria Martha Yuydha Darmawi.

Serah terima jabatan Dandim Puncak Jaya itu digelar di aula Makorem, Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis, yang dipimpin oleh Komandan Korem (Danrem) 173/PVB Brigjen TNI Bahman sebagaimana rilis yang diterima Antara di Kota Jayapura.

Letkol Inf Akmil Satria Martha Yuydha Darmawi selanjutnya akan melaksanakan tugas sebagai Kasrem 172/PWY yang serah terima jabatan sudah dilakukan pada Jumat lalu di aula Makorem, Padang Bulan, Kota Jayapura.

Sementara Letkol Inf Agus Sunaryo sebelumnya menjabat Kasiops Korem 172/PWY Kodam XVII/Cenderawasih.

Danrem 173/PVB dalam sambutannya menyampaikan bahwa jabatan adalah amanah dan kepercayaan yang harus dipertanggungjawabkan dan diwujudkan dalam bentuk pengabdian serta kinerja yang terbaik dalam pelaksanaan tugas.

"Serah terima jabatan adalah suatu hal yang biasa terjadi di lingkungan militer sebagai bagian dari upaya pembinaan satuan dalam rangka regenerasi dan kaderisasi sebagai implementasi dari Tour of duty dan Tour of area," katanya.

Danrem berharap agar sertijab itu, dapat menjadi sarana untuk lebih memacu semangat dan meningkatkan motivasi serta kreativitas sehingga dapat melahirkan ide dan gagasan-gagasan baru guna lebih meningkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas.

"Kepada pejabat Dandim Puncak Jaya yang baru kiranya dapat membantu pemerintah daerah dalam menyukseskan pembangunan di berbagai bidang dan bahu membahu, bersama-sama dengan semua komponen masyarakat," katanya.

"Baik tokoh agama maupun tokoh masyarakat serta komponen masyarakat lainnya dalam memberikan pelayanan serta pengabdian yang terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara, sehinga kehadiran TNI ditengah masyarakat dapat dirasakan manfaatnya," kata Brigjen TNI Bahman.

Sementara itu, Dandim 1714/Puncak Jaya Letkol Inf Agus Sunaryo dalam sambungan telepon mengatakan siap melanjutkan semua program dari pejabat sebelumnya, terutama bersinergi dengan kepolisian dan pemerintah setempat dalam hal pembangunan.

"Tentunya semua program dari Dandim sebelumnya akan dilanjutkan, termasuk saya akan selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah dan Polri setempat," katanya.

Agus juga mengatakan kegiatan seperti pembinaan teritorial, komunikasi sosial serta karya bakti berupa pengobatan massal dan pemberian bantuan akan terus dilaksanakan.

"Saya juga akan memimpin personel saya untuk berikan wawasan kebangsaan, bela negara, mengajar membaca, menulis dan berhitung, atau jadi guru bagi anak-anak di Puncak Jaya dan sekitarnya, tanpa mengesampingkan kegiatan positif lainnya," katanya.

Dalam acara serah terima jabatan itu, turut hadir Kepala Staf Korem 173/PVB, para kasi, para komandan kodim di jajaran Korem 173/PVB, perwira staf Korem 173/PVB dan komandan satuan serta dan Ketua Persit KCK cabang sejajaran Koorcab Rem 173/PVB beserta pengurus.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024