Sentani (ANTARA News Papua) - Warga Kampung Sereh, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, menghibahkan sebidang tanah kepada Kepolisian Resor Jayapura untuk membangun pos polisi di kampung tersebut.

"Kami bersama pemerintah kampung berinisiatif membangun pos polisi di Kampung Sereh. Karena itu, kami hibahkan tanah seluas 5 x 13 meter kepada Polres Jayapura untuk membangun pos polisi," kata Anis Eluay, tokoh masyarakat Kampung Sereh ketika dikonfirmasi dari Sentani, Kamis.

Anis mengatakan belakangan ini banyak warga mengeluhkan adanya orang mabuk yang melakukan "pemalangan" di jalan terutama pada pagi hari.

"Untuk itu, kami sangat membutuhkan kehadiran polisi di kampung ini dan kami berharap ada polisi yang selalu siaga di sini," ujarnya.

Dia juga meminta ketua RT dan RW ikut berpartisipasi dengan melibatkan warga berjaga dengan anggota kepolisian.

"Kami sadar bahwa menjaga keamanan bukan hanya tugas kepolisian namun tugas kita bersama," ujarnya.

Kepala Kampung Sereh, Steven Eluay, mewakili seluruh warga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan jajarannya, Kapolsek Sentani Kota dan jajarannya yang telah mendukung penuh pembangunan pos polisi untuk kebutuhan keamanan masyarakat.

"Kami berharap seluruh warga, serta Ketua RT/RW, dapat membantu pembangunan pos polisi di Kampung Sereh untuk kepentingan dan kebutuhan bersama," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon juga menyampaikan terima kasih kepada warga pos tujuh khususnya masyarakat Kampung Sereh.

Ia juga berterima kasih atas dukungan dari para tokoh dan warga di Kampung Sereh yang telah mendukung tugas kepolisian.

Menurut Victor, pembangunan pos polisi ini sebagai bentuk kepedulian warga terhadap situasi kamtibmas, dengan kehadiran polisi bukan berarti bisa menjaga keamanan tanpa ada bantuan dan kerja sama dari warga Kampung Sereh.

"Nantinya akan ada anggota kami yang ditempatkan di sini, sistemnya akan kita bicarakan sehingga semua anggota Polres harus merasakan jaga di pos ini. Kita akan gikir sehingga semua bisa tahu situasi di tempat ini," ujarnya.

Peletakan batu pertama pembangunan pos itu dilakukan oleh Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode, dan Kasat Binmas AKP Yudo Winarno.

Selanjutnya, Kepala Suku Kampung Sereh Amos Ondi dan Karlos Nasa, Kepala Kampung Sereh Steven Eluay yang diwakili oleh Anis Eluay tokoh masyarakat, tokoh agama pendeta Jhors Sorontouw, Sekretaris Karang Taruna Erik Tabuni, para Ketua RT / RW dan 50 orang warga Kampung Sereh.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024