Jayapura (ANTARA News Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat gencar menggelar pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Elias Wonda, di Jayapura, Jumat, mengatakan peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah tersebut untuk memajukan dunia pendidikan di Bumi Cenderawasih itu.

"Peningkatan kualitas guru ini menjadi dasar pengembangan dunia pendidikan bagi putra putri Papua," katanya.

Menurut Elias, pelatihan yang digelar dapat pula menjadi sumber bagi guru untuk memiliki lebih banyak kreativitas dalam proses belajar mengajar di sekolah.

"Jika gurunya sudah dibekali dalam pelatihan-pelatihan maka kualitasnya pasti meningkat sehingga dalam proses belajar mengajar, dapat pula meningkatkan kualitas siswanya," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya membuat sejumlah program khusus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Papua dan Papua Barat, namun guna memajukannya harus ada sinergi dengan bidang lain.

Muhadjir Effendy mengatakan beberapa program khusus ini untuk mewujudkan percepatan pembangunan pendidikan di kedua wilayah tersebut.

Di antaranya berupa sekolah berasrama, pendidikan vokasi dengan materi kearifan lokal, penuntasan kurikulum 2013 sesuai konteks Papua dan Papua Barat, pemberantasan tuna aksara, dan penyediaan guru berkualitas yang dibuat dan disesuaikan dengan karakteristik serta kearifan lokal.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024