Jayapura (ANTARA News Papua) - PT Angkasapura Sport (APS) kini mengambil alih dan mengelola perparkiran di kawasan Ruko Pasifik Permai, Kota Jayapura, Papua.

"Uji coba sudah dilakukan sejak Rabu (23/1,) namun efektif dilaksanakan Jumat (25/1)," kata Asisten Manager Divisi Parkir APS Arif Muhamad kepada Antara di Jayapura, Papua.

Ia mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan yang diawali dengan uji coba selama dua hari yakni dari Rabu (23/1) hingga Kamis (24/1), di mana setiap kendaraan dibebaskan dari biaya parkir. Namun mulai Jumat (25/1) setiap kendaraan yang memasuki kawasan ruko akan dikenakan tarif sesuai ketentuan.

Untuk tahap awal, tarif parkir yang dikenakan untuk sekali masuk kawasan tersebut dan berlaku selama 24 jam. Bila kendaraan tersebut tidak keluar dari area parkir, kata Arif, tetap akan dikenakan biaya.

"PT APS saat ini hanya memberlakukan tarif masuk pelataran parkir yang berlaku selama sehari atau 24 jam, namun tidak tertutup kemungkinan ke depan akan berubah," ujarnya.

Arif mengatakan manajemen memastikan pendapatan dari kawasan parkir ruko yang disetor ke Dispenda Kota Jayapura akan meningkat signifikan.

Dari laporan yang diterima terungkap sebelumnya kawasan ruko menyetor hasil retribusi parkir sekitar Rp100 juta/bulan. Arif memastikan setelah dikelola PT APS hasil retribusi akan meningkat 3-4 kali lipat.

Ketika ditanya daya tampung parkir di kawasan ruko, Arif mengatakan sesuai satuan ruas parkir (SRP) daya tampungnya mencapai sekitar 400-500 kendaraan. Namun jumlah tersebut akan meningkat khususnya di malam Minggu dan mencapai sekitar 700 kendaraan.

Adapun tarif parkir di kawasan Ruko Pasifik Permai tercatat untuk mobil Rp4.000, motor Rp2.000, mobil box/elf Rp6.000, dan bus/kontainer Rp 10.000.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024