Jayapura (ANTARA News Papua) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini (PNG) dari Yonif PR 328/DGH bersama warga membersihkan lingkungan Kampung Kriko, Kabupaten Keerom, Papua.
   
Komandan Pos (Danpos) Pitewi dari Yonif PR 328/DGH Serka Koco ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Kamis, mengatakan kerja bakti itu digelar untuk mengajak warga agar lebih memperhatikan lingkungan tempat tinggal, sehingga terhindar dari berbagai penyakit bagi kesehatan.
   
"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian bersama antara personel Satgas dan masyarakat Kampung Kriko untuk bersama-sama melaksanakan pembersihan lingkungan kampung," katanya.
   
Ia mengaku awalnya hanya sedikit warga yang terlibat dalam aksi bersih-bersih lingkungan kampung, namun belakangan banyak warga yang bergabung dalam aksi tersebut.
   
"Awal kami melaksanakan kerja bakti ini hanya sedikit warga yang bergabung, namun lama kelamaan setelah dirasakan manfaatnya, sudah mulai banyak masyarakat yang ikut bersama kami dalam melaksanakan kegiatan ini," kata Serka Koco.
   
Frengky Bewangkir selaku Kepala Kampung Kirko yang ikut serta melaksanakan kerja bakti ini mengucapkan terima kasih  kepada personel satgas yang selama ini sudah mendukung segala kegiatan kampung dan warga.
   
"Kami sangat berterima kasih kepada personel Satgas yang telah memberikan contoh dan dukungan bagi bagi kami untuk menjalani pola hidup bersih dan sehat kepada warga Kampung Kriko," ujarnya.
   
Dengan kerja bakti berupa pembersihan lingkungan kampung, Frengky berharap kepada warganya untuk mencontoh apa yang sudah dilaksanakan oleh personel Satgas mengenai kesadaran hidup bersih dan menjaga lingkungan sekitar.
   
"Harapannya apa yang diinisiasi oleh personel TNI ini, warga bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan, selain terlihat asri bisa juga terhindar dari segala macam penyakit," katanya.
   
Frengky menambahkan pembersihan lingkungan itu sudah dilakukan sejak Senin pekan ini, yang dilakukan di dalam Kampung Kriko terutama di jalan utama depan rumah warga.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024