Jayapura (ANTARA News Papua) - Sebanyak 2.085 orang ibu-ibu di Kabupaten Paniai menerima manfaat program Bangun Generasi dan Keluarga Sejahterah (Bangga) Papua dari rencana 4.435 orang ibu/wali sasaran program dengan anggaran tersedia RP6,8 miliar lebih.

Ketua Sekretaris Bersama (Sekber) Program Bangga Papua Kabupaten Paniai Elieser Yogi ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Minggu mengatakan pembayaran kepada 2.085 ibu-ibu penerima manfaat dari program tersebut telah dilakukan pada 13-21 Desember 2018 di Paniai.

"Jadi pembayaran program Bangga Papua untuk pertama kalinya itu pada Desember 2018, kepada 2.085 orang ibu/wali penerima manfaat dari jumlah 4.435 orang ibu/wali penerima manfaat yang berhak menerima sesuai dengan Keputusan Gubernur Papua nomor 188.4/428/Tahun 2018 tentang daftar penerima manfaat program Bangga Papua," katanya.

Dengan telah dilakukannya pembayaran untuk periode tahun 2018 dan sekaligus merupakan pembayaran pertama kali dari program Bangga Papua, kata dia, maka seluruh tahapan kegiatan yang telah berlangsung pada 2018 perlu dilakukan rapat koordinasi (rakor) guna persiapan implementasi program Bangga Papua pada tahun ini.

"Jadi, pada 24-25 Januari 2019, atau pada Kamis dan Jumat pekan kemarin Sekber Bangga Papua Kabupaten Paniai telah melaksanakan rakor untuk evaluasi pembayaran tahap pertama dan persiapan pembayaran tahap kedua tahun ini," katanya.

Menurut Elieser yang juga Sekretaris Bappeda Kabupaten Paniai, rakor terebut digelar di ruang pertemuan kantor Bupati Paniai di Madii yang dibuka langsung oleh Bupati Meki Nawipa dan dihadiri oleh sejumlah organisasi perangkat daerah setempat dan mitra kerja.

"Mitra kerja yang hadir itu ada perwakilan dari Mahkota, Kompak, BaKTI, Unicef dan Bank Papua. Dalam rakor itu ada laporan implementasi program Bangga Papua tahun 2018 oleh Sekber Kabupaten Paniai. Presentasi dan sosialisasi dari Bank Papua terkait SOP pembukaan dan penarikan dana dari bank. Evaluasi implementasi program Bangga Papua di Kabupaten Paniai dan rencana kerja," katanya

Mengenai sisa pembayaran kepada 2.350 ibu/wali penerima manfaat program Bangga Papua, Elieser mengatakan akan segera dibayarkan pada akhir bulan ini.

"Rencananya akan dibayarkan mulai 30 Januari 2019 hingga Februari 2019 di Enarotali dan dibeberapa tempat lainnya," katanya.

Elieser menambahkan pembayaran kepada 2.085 ibu/wali penerima manfaat program Bangga Papua itu diperuntukkan kepada 13 distrik dari 24 distrik yang ada di Kabupaten Paniai.

Program Bangga Papua merupakan salah satu terobosan kebijakan strategis daerah yang digagas Gubernur Papua periode 2014-2019 Lukas Enembe untuk mewujudkan generasi emas anak-anak asli yang sehat, cerdas dan berkarakter.

Sebanyak tiga kabupaten di Tanah Papua menjadi daerah percontohan untuk pelaksanaan program "Bangga Papua" bagi anak balita di antaranya Kabupaten Paniai, Kabupaten Lanny Jaya dan Kabupaten Asmat.

Program "Bangga Papua" ini akan memberikan proteksi khusus untuk anak dari warga atau orang asli Papua di tiga kabupaten percontohan yang tingkat kemiskinannya tinggi serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM)-nya tergolong sangat rendah.

Program "Bangga Papua" digulirkan pada 2018 dengan memberikan uang Rp200 ribu/bulan per anak asli Papua di bawah empat tahun.

Dana bantuan akan ditransfer melalui rekening pribadi ibu rumah tangga di Bank Papua dan didanai langsung anggaran Otonomi Khusus Papua.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024