Jayapura (ANTARA News Papua) - Prajurit TNI dari Koramil 1711-02/MDT menggelar karya bakti membenahi jalan di Kampung Mindiptana, Distrik Mindiptana, Kabupaten Boven Digoel, Papua, Selasa (12/02/2019).

Aksi sosial itu dipimpin Wakil Komandan (Wadan) Koramil 1711-02/MDT Lettu Inf Y. Koromat yang melibatkan sembilan orang anggotanya.

Mereka melakukan pengurukan dan penimbunan jalan poros di Kampung Mindiptana, dengan pasir dan batu.

Jalan poros tersebut merupakan akses utama bagi masyarakat Mindiptana dan Waropko.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bukti nyata sekaligus penguatan sinergitas dan  kemanunggalan TNI dengan rakyat," ujar Lettu Koromat dalam rilis yang diterima Antara di Jayapura.

"Selain itu, kegiatan kerja bakti juga merupakan implementasi dari Binter Koramil, hal itu sudah menjadi bagian dari Tugas pokok TNI AD khususnya membantu kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah," sambung Koromat.

Ia mengatakan kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat merupakan bentuk kepedulian bersama agar mengurangi resiko kecelakaan di jalan dikarenakan kondisi jalan yang tidak baik.

Disamping itu, kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan membangun masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong serta kebersamaan dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Salah seorang warga mengatakan bahwa jalan tersebut sebelum ditimbun kondisinya sangat tidak layak untuk dilalui karena terdapat lubang, dan apabila musim hujan maka akan licin karena bercampur dengan lumpur akibat tergenang air yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

"Sudah banyak korban karena mengalami jatuh dan terpeleset, sehingga dengan kegiatan karya bhakti yang dimotori oleh Koramil 1711-02/MDT beserta masyarakat maka dapat meminimalisir angka kecelakaan di jalan", ungkap Mukayin.

Disisi lain Mukayim berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, akan lebih memberikan semangat bagi masyarakat untuk semakin peduli dengan pentingnya gotong royong dalam kebersihan lingkungan.

"Mudah-mudahan dengan kebersamaan seperti ini mampu merekatkan hubungan yang harmonis antar warga dan menjalin Kemanunggalan TNI dan Rakyat serta meningkatkan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas Bangsa Indonesia", tambahnya. (*/adv)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024