Jayapura (ANTARA News Papua) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mendukung penuh penyelenggaraan lima ajang olahraga nasional di Bumi Cenderawasih pada 2019 dan 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PHRI Provinsi Papua, Syahril Hasan di Jayapura, Kamis, mengatakan, kelima ajang tersebut yakni Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas), Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas).

"Pada prinsipnya kami selalu siap membantu pemerintah, PHRI akan siapkan hotel sesuai dengan standar akomodasi atlet," katanya.

Menurut Syahril, terkait dengan standar hotel bagi atlet difabel, perlu ada koordinasi dari Ketua National Paralympic Commite (NPC) Papua sehingga dapat duduk bersama membahas apa saja kebutuhan atlet dan fasilitas yang harus dilengkapi.

"PHRI siap sampaikan kepada pemilik hotel untuk menyiapkan fasiltas bagi atlet penyandang disabilitas yang akan mengikuti iven olahraga di Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan PHRI juga mulai berbenah dan menyiapkan menu lokal untuk menyambut gelaran iven olahraga nasional tersebut, pasalnya, ini adalah kegiatan langka yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk memperkenalkan semua potensi lokal yang ada di Papua, termasuk juga dengan kulinernya.

"Kami telah melakukan persiapan dengan rapat yang terus mendorong perhotelan untuk menciptakan menu lokal dengan variasi-variasi agar dapat menarik perhatian," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga mengingatkan satu hal yang sangat penting serta harus disikapi serius oleh pemerintah yakni cenderamata, pasalnya, sekian banyak orang yang akan datang di Papua, sebagian besarnya baru pertama kali datang ke Bumi Cenderawasih dan tentu ingin membawa kenang-kenangan.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024