Jayapura (ANTARA) - Manajemen Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Papua menggelar bakti sosial (baksos) kesehatan bagi warga yang terdampak banjir bandang di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan baksos itu di pimpin oleh Aipda Parnu, AMK yang melibatkan dua dokter, satu apoteker dan empat orang perawat.

"Dokter Andi, Dokter Kamelia Pusran, serta satu orang apoteker dan empat orang perawat," kata Kamal

Secara terpisah, Aipda Parnu ketika di hubungi dari Kota Jayapura mengatakan pelaksanaan baksos dengan mendirikan posko kesehatan di Doyo Baru adalah salah satu cara untuk membantu masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan terutama masyarakat yang terkena dampak banjir atau bencana.

"Fakta yang kami peroleh di lapangan pasien sangat banyak yang menderita sakit, sudah tiga hari ini tidak ada tim dari kesehatan yang menuju ke lokasi ini untuk melaksanakan pelayanan kesehatan," katanya.

Sehingga, kata dia, RS Bhayangkara mendirikan posko kesehatan di Masjid Darul Hulum Doyo Baru untuk melayani masyarakat yang terkena dampak bencana banjir. 

"Tiga hari yang lalu masyarakat menanggapi dengan positif tentang pelayanan kami disini," katanya.

Sementara itu, Dokter Andi mengaku tujuannya pengobatan terhadap masyarakat yang terkena dampak banjir, dari pemeriksaan yang dilakukan kebanyakan mengalami infeksi saluran pernapasan, diare, sakit kulit, ada juga yang malaria, ada ibu hamil juga yang seharusnya kontrol terakhir karena bulan depan harus melakukan persalinan. 

"Kami juga langsung memberikan obat-obatan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir, karena masih banyak masyarakat yang bertahan di rumah masing-masing untuk melakukan pembersihan," kata Andi.

Yani, salah satu pasien yang merupakan warga Doyo Baru mengaku sangat terbantu dengan adanya bakso dari RS Bhayangkara Polda Papua dan membuka posko kesehatan.

"Kami warga Doyo di Kabupaten Jayapura, sudah beberapa hari ini terdampak sebagai korban banjir. Sehingga sudah tiga hari kami membutuhkan tim medis, syukur tim medis dari Rumah Sakit Bhayangkara sudah datang untuk membantu warga disini," katanya.

Ia mengaku warga Doyo dan sekitarnya masih sangat perlu untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan mengingat hujan masih terus terjadi tiap hari.

"Warga disini sangat membutuhkan tim medis kesehatan, kami warga Doyo Baru mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Kegiatan bakti sosial Kesehatan ini kami harapkan akan terus dilanjutkan guna memberikan kesehatan bagi para korban banjir," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024