Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 75.699 pelajar SD dan SMP sederajat mulai mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) untuk SD, dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan ujian nasional kertas pensil (UNKP) untuk tingkat SMP/MTs, pada Selasa (23/4/2019).

Sekretaris Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Papua, Bejo  di Jayapura mengatakan USBN untuk tingkat SD dilaksanakan di 2.402 sekolah yang tersebar di 29 kabupaten dan kota.

Untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs dilaksanakan di 245 sekolah yang tersebar di 17 kabupaten dan kota, sedangkan UNKP dilaksanakan 430 sekolah yang tersebar di 25 kabupaten.

"Pelaksanaan ujian baik tingkat SD maupun SMP akan berlangsung hingga Sabtu (27/4) karena Jumat (26/4) ujian diliburkan," kata Bejo.

Ketika ditanya tentang hari pertama UNBK  untuk tingkat SMP/MTs, Bejo mengakui hingga kini belum ada laporan tentang gangguan baik internet maupun listrik.

“Hingga kini belum ada laporan tentang gangguan dalam pelaksanaan UNBK di 17 kabupaten dan kota di Papua,” jelas Bejo.

Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP) tingkat SMP/MTs di Papua sempat mengalami penundaan.

Penundaan itu sesuai dengan surat dari Badan Standar Pendidikan Nasional (BSPN) tentang revisi jadwal UN SMP/Mts untuk Propinsi Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menyatakan pelaksanaannya diundur dari Senin (22/4) hingga Kamis (25/4) menjadi Selasa (23/4) hingga Sabtu (27/4).

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024