Asmat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua melepas 23 calon jamaah haji asal Asmat ke Tanah Suci Mekkah pada Minggu (23/6).

Pelepasan calon haji dilaksanakan oleh Asisten III Setda Asmat Syamsul Agas di Aula Masjid An-Nur Agats.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kementerian Agama Kabupaten Asmat Yohanes Nahak, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Asmat H. Hairulla Bausad, para kepala OPD, unsur TNI-Polri dan warga setempat.

Asisten III Syamsul Agas mengatakan calon haji Asmat untuk 2019 ini sebanyak 23 orang, terdiri dari delapan laki-laki dan 15 perempuan. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya hanya belasan, seperti di 2018 hanya 13 calon yang berangkat,” kata Syamsul.

Ia optimisme jumlah calon jamaah haji Asmat pada 2020 mendatang akan bertambah. Diperkirakan sekitar 40 orang yang akan menunaikan ibadah haji di tahun depan.

“Semakin bertambah jumlah calon haji dari tahun ke tahun itu akan semakin baik. Kita patut berterima kasih atas dukungan yang diberikan Pemkab Asmat,” ujarnya.

Syamsul mengajak agar 23 calon haji tersebut memanfaatkan kesempatan perjalanan ke Tanah Suci dengan sebaik-baiknya, sesuai perintah yang disyariatkan dalam rukun Islan yang kelima.

“Semoga jamaah haji di tahun ini diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menjalankan ibadahnya dengan baik, serta dapat kembali ke Tanah Air dengan sehat wal’afiat,” katanya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Asmat Yohanes Nahak mengatakan pihaknya telah memberikan pembekalan kepada puluhan calon haji di beberapa bulan terakhir. Selain itu juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“23 jamaah dinyatakan sehat dan siap menunaikan ibadah haji di 2019. Semoga mereka kembali dengan haji yang mabrur dan bermanfaat untuk keluarga dan orang di sekitar,” kata Yohanes. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024