Jayapura (ANTARA) - Sejumlah pemuda Kampung Yoka, Kota Jayapura, Provinsi Papua, yang tergabung dalam alumni Sekolah Dasar Yoka Baru membentuk literasi kampung.

Ketua Alumni SD Yoka Baru, Baltazar Kreuta di Jayapura, Senin, mengemukakan pembentukan litersi itu untuk meningkatkan kemampuan membaca murid SD Yoka Baru.

"Kami lihat bahwa murid SD Yoka baru tidak bisa membaca, bahkan kami juga tidak tahu kapan guru-guru datang," katanya.

Dia mengatakan kebutuhan akan baca sangat penting. Sehingga para relawan alumni SD Yoka Baru akan mengajar anak-anak SD Yoka secara sukarela untuk membaca.

"Kami akan memulai mengajar murid SD Yoka Baru yang tidak bisa membaca pada 1 Juli 2019," katanya.

Baltazar mengatakan, pihaknya menjadwalkan mengajar para murid SD itu tiga kali dalam satu minggu. Setelah baca tulis, mereka juga berencana akan membuka kelas matematika dan kelas bahasa inggris secara sukarela.

Dia menyebutkan, baca tulis ini direncanakan akan berlangsung selama tiga bulan ke depan, sambil mempersiapkan kelas matematika dan kelas bahasa Inggris.

"Ini kami lakukan secara sukarela karena itu kebutuhan yang sangat mendasar, dan itu akan kami coba lakukan," katanya.

Menurut dia, para alumni SD Yoka baru yang akan mengajar secara sukarela, tetapi latar belakang semuanya guru, ada guru SD dan SMA, bahkan ada juga yang dosen bersedia untuk mengajar secara sukarela.

"Sudah ada enam tenaga guru yang sudah bersedia untuk mengajar secara sukarela, tapi kami masih tetap membuka untuk guru yang relawan untuk mengajar," tambah dia.

Kampung Yoka adalah salah satu dari 10 kampung yang ada di Kota Jayapura. Akses dari kampung ini ke kota tidak sulit, yakni menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024