Jayapura (ANTARA) - Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku akan segera mengganti sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah(OPD) di lingkungan pemerintah provinsi setempat.

"Dalam waktu dekat saya akan melantik pimpinan OPD yang baru dibentuk, di mana dari total 51 OPD akan dilebur menjadi 35 OPD, hal ini sesuai dengan Perdasus Nomor 16," kata Lukas di Jayapura, Jumat.

Menurut Lukas, secara keseluruhan kini masih dalam proses seleksi, di mana tim seleksi pun masih bekerja sehingga sementara ini, pelaksana tugas di masing-masing OPD tetap melaksanakan tugasnya sampai proses seleksi selesai dan akan dilakukan pelantikan.

"Sebagian besar posisi pimpinan OPD akan ditempati oleh pejabat baru," ujarnya.

Dia menjelaskan ke depan, setelah pelantikan pejabat-pejabat baru di lingkup OPD Pemerintah Provinsi Papua ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan para pimpinan OPD baru mengenai penyelenggaraan PON XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih.

"Pasalnya, hingga kini, masing-masing OPD belum terlalu aktif dalam mempersiapkan penyelenggaraan PON XX pada 2020 di Provinsi Papua," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe memimpin acara serah terima Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Sekda Provinsi Papua dan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Provinsi Papua, di Gedung Negara Dok V Jayapura pada Rabu (31/7).

Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang diserahterimakan yakni Asisten Bidang Perekonomian Kesra dari pejabat lama Noak Kapisa kepada pelaksana tugas yang baru, Muhammad Musaa'ad yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bappeda Provinsi Papua.

Kemudian Plt Kadisorda, Daud Ngabalin kepada pelaksana tugas yang baru, Alex Kapisa yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Penghubung Provinsi Papua di Jakarta.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024