Jayapura (ANTARA) - Penjualan umbul-umbul merah putih di Kota Jayapura, Provinsi Papua, laris manis, menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan, ada pemesan umbul-umbul merah putih dari luar Jayapura.

"Peminat bendera di Jayapura lumayan, hampir setiap hari datang membeli, tapi lebih banyak mereka membeli umbul-umbul merah putih," kata Vendi, salah satu penjual Bendera Merah Putih dan umbul-umbul merah putih di Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura, Kamis.

Vendi mengatakan, kebanyakan pembeli yang datang membeli umbul-umbul merah-putih, banyak orang kantoran yang memesan umbul-umbul merah putih.

"Banyak kantor yang memesan umbul-umbul merah putih untuk di pasang di kantor. Bahkan ada kantor di luar Kota Jayapura seperti Mamberamo Raya, Timika, dan Wamena yang memesan umbul-umbul merah-putih," ujarnya.

Menurut dia, kebanyakan pembeli dari kantoran dan kios-kios yang memesan dan membeli umbul-umbul Bendera Merah Putih di tempatnya.

Bendera merah serta umbul-umbul merah putih yang dijual didatangkan dari Bandung, Jawa Barat, semuanya dipesan. Harga yang dipatok beragam, mulai dari umbul-umbul merah putih dan Bendera Merah Putih baik berukuran kecil hingga bendera merah putih berukuran besar.

Selain itu, Vendi juga menjual balon merah putih bertuliskan I Love Indonesia, Dirgahu Republik Indonesia. Ia merinci umbul-umbul merah-putih yang dipesan per meter, satu meter dijual dengan harga Rp375.000, bendera merah putih berukuran kecil yang dimasukkan ditali dan digantung dijual per gelombang seharga Rp375.000, satu balon merah putih Rp20.000.

Sementara, kata dia, umbul-umbul merah-putih yang bergambar burung garuda dibagian tengahnya seharga Rp325.000. Kemudian, "ceplok" atau bendera merah-putih berukuran kecil yang ditempelkan di mobil dijual dengan harga Rp15.000 karena lengkap dengan tiang serta bahan yang bisa tertempel di mobil.

Bendera berukuran sedang yang umumnya diikat di kendaraan roda dua/motor seharga Rp5.000 hingga Rp10.000. Selanjutnya, bendera merah-putih yang digantung dijual dengan harga Rp30.000, bendera merah-putih yang dipasang ditiang bendera seharga Rp35.000, tetapi bahannya kain biasa.

"Mendali" merah-putih dipasarkan dengan harga Rp15.000, sementara mendali merah-putih berbentuk ketupat seharga Rp25.000, mendali berbentuk ketupat ini mahal karena dirakit dan dijahit-jahit sehngga harganya agak mahal," ujarnya.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024