Biak (ANTARA) - Berbagai organisasi dan paguyuban masyarakat Indonesia mengikuti parade budaya Nusantara untuk menguatkan semangat Nasionalisme dalam rangka mewarnai perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Biak Numfor, Selasa.

Pantauan Antara di Biak, Bupati Herry Ario Naap yang berpakaian adat beserta isteri Naomi Ruth Rumkabu ikut serta berbaur dengan peserta parade dengan berjalan bersama sejak dari start di Lapangan Hoki Mandala menuju Jalan Imam Bonjol Distrik Biak Kota.

Ribuan masyarakat peserta parade budaya Nusantara dengan menggunakan berbagai pakaian adat di Indonesia, seperti Batak, Toraja, Sulawesi, Jawa, Bugis-Makassar,Papua, NTT, Bali, Sunda (Jawa Barat) serta dari beragam baju modifikasi karya bahan plastik yang dibawa peserta dari Jember (Jatim).

Ketua Panitia perayaan HUT RI Kabupaten Biak Numfor Ricky L.Mailoa mengakui, parade Nusantara dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kemerdekaan RI yang diselenggarakan Pemkab Biak Numfor sangat meriah dan paling ramai pesertanya.

Melalui parade budaya Nusantara, menurut Ricky Mailoa, antarpeseta akan saling mengenal budaya daerah serta untuk menguatkan semangat Nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk.

"Meski kita berbeda suku, bahasa, keyakinan, budaya adat istiadat, tetapi tetap bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Ketua Panitia perayaan hari Kemerdekaan RI Kabupaten Biak Numfor.

Ia mengharapkan adanya kebersamaan warga di Kabupaten Biak Numfor untuk ikut menyukseskan berbagai kegiatan olahraga dan seni budaya yang diselenggarakan Pemkab Biak Numfor dalam mengisi rangkaian kegiatan menyambut hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019.

Berdasarkan data sejak pukul 13.00 WIT para peserta parade budaya Nusantara telah memadati lokasi tempat start kegiatan parade Nusantara yang dipusatkan di Lapangan Hoki Mandala (depan SMA YPK 2).

Hingga pukul 17.00 WIT aktivitas kegiatan pawai parade budaya Nusantara dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan RI di Kabupaten Biak Numfor hingga saat ini masih berlangsung aman dan kondusif.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024