Asmat (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, mensosialisasikan program adiwiyata kepada para pelajar di Agats, guna menumbuhkan rasa cinta lingkungan di kalangan pelajar.

Sosialisasi yang digelar di Agats, belum lama ini, dibuka Kepala DLH Asmat Yuli Rasdi. Kegiatan itu dihadiri Kabid Lingkungan Hidup pada DLH Papua Iriana Samuel, sejumlah pimpinan intansi daerah, para kepala sekolah dan aktivis lingkungan.

Kepala DLH Kabupaten Asmat Yuli Rasdi mengatakan bahwa program adiwiyata menyasar lembaga pendidikan. Program tersebut mau mengedukasi warga sekolah untuk ikut bertanggung jawab dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup.

“Upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dimaksud, dilakukan melalui tata kelola sekolah yang baik dan mendukung pembangunan berkelanjutan,” kata Yuli.

Dijelaskan, kegiatan utama program adiwiyata ialah mewujudkan lembaga pendidikan yang peduli serta mampu membudayakan rasa cinta lingkungan kepada warga belajar di sekolah.  

“Program ini akan kami galakkan setiap tahunnya. Kami akan memberikan sosialisasi kepada generasi muda dan masyarakat agar lebih mencintai dan menjaga lingkungan,” ujarnya.

Sebelumnya, tambah Yuli, DLH Asmat telah melakukan penyuluhan tentang lingkungan di sejumlah sekolah. Kegiatan itu mau meningkatkan kesadaran peserta didik untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

“Nanti setelah ini juga, kami akan memberikan sosialisasi di distrik-distrik, sehingga kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan semakin baik,” kata dia. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024