Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendeklarasikan diri Cinta Papua melalui kegiatan yang digagas Polres Metro Bekasi dan dipimpin Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Luthfie Sulistiawan.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Promoter Polres Metro Bekasi, Jumat tersebut dihadiri ratusan orang perwakilan masyarakat se-Kabupaten Bekasi.

"Selain unsur Forkopimda, juga perwakilan pengusaha dan pengelola kawasan industri, siswa dan siswi SMA, serta sejumlah komunitas dan stakeholder terkait di Kabupaten Bekasi, tentunya ada pula masyarakat asal Papua yang berdomisili di sini," jelas Luthfie.

Dalam kegiatan itu masyarakat asal Papua diberi panggung seluas-luasnya untuk mengekspresikan diri melalui olah vokal dan tarian daerah yang turut diikuti peserta lainnya.

"Ini sebagai wujud nyata bahwa masyarakat Kabupaten Bekasi cinta Papua," sebutnya.

Menurut Luthfie Deklarasi Cinta Papua dilakukan selain sebagai bentuk dukungan masyarakat Kabupaten Bekasi kepada warga Papua juga memberikan semangat untuk terus menjaga keutuhan NKRI.

"Tentunya kegiatan ini diselenggarakan guna memberikan apresiasi dan dukungan kepada teman-teman kita dari Papua dengan tema Papua Adalah Kita. Kita semua tentunya berkomitmen bahwa NKRI adalah harga mati," ungkapnya.

Sebagai salah satu daerah tujuan urbanisasi, Kabupaten Bekasi dengan keragamannya harus mampu menjadi inspirasi daerah lain untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan karena merupakan inti dari pembangunan.

"Solidaritas yang tercermin dalam kegiatan hari ini menunjukkan bahwa kita semua bersaudara," tambahnya.

Luthfie juga berpesan kepada masyarakat Papua dimanapun berada agar turut menjaga keamanan dan kondusifitas daerah serta bersama-sama membangun bangsa dan negara Indonesia.


Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024