Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten  Jayapura, Papua terus mengingatkan warganya melalui imbauan-imbauan terkait bahaya pembakaran lahan.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan pihaknya hanya dapat mengimbau karena permasalahan pembakaran lahan ini sulit untuk dikontrol.

"Diakui, di Jayapura sini masyarakat berkebun dengan melakukan pembakaran lahan," katanya.

Menurut Mathius, pembakaran lahan sulit untuk dikontrol karena masyarakat selalu mengklaim bahwa area yang dibakar merupakan tanah ulayat milik warga.

"Apalagi jika warga beralasan harus berkebun untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga kami terus mengingatkan melalui imbauan-imbauan," ujarnya.

Dia menjelaskan terkadang warga yang hendak berkebun ini juga melakukan pembakaran lahan di pinggir-pinggir jalan sehingga beresiko apinya menjalar kemana-mana.

"Meskipun demikian, kami selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga daerahnya, jangan sampai berdampak luas," katanya lagi.

Dia menambahkan hingga kini, baru satu laporan terkait kebakaran lahan yang tercatat berada di Asei Kampung Harapan, di mana diharapkan hal ini tidak meluas ke tempat lainnya.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024