Jayapura (ANTARA) - Korem 172/PWY menggelar bakti sosial berupa pemberian sembilan bahan pokok (sembako), buku tulis, pengobatan massal dan juga literasi guna menyongsong HUT TNI pada 5 Oktober tahun ini di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat pagi.

Bakti sosial itu dipusatkan di lokasi penampungan warga korban banjir bandang di SKB, Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, Papua.

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sianipar di sela-sela kegiatan mengatakan kegiatan bakti sosial itu sebagai wujud TNI berbakti kepada masyarakat yang ada di Papua, khususnya yang ada di Kabupaten Jayapura, terutama para korban banjir bandang yang baru-baru ini terjadi.

"Ini merupakan kegiatan bakti sosial yang kita laksanakan dalam rangka memperingati Hut  ke-74 TNI, sebelum perayaan puncak pada tanggal 5 Oktober 2019 nanti. Ini juga bagian dari bakti kami, TNI kepada masyarakat, terutama para korban banjir bandang yang berada di Sentani,” katanya.

Menurut dia, sebanyak 300 paket buku dan alat tulis diberikan kepada pelajar SD hingga SMA/sederajat serta 280 paket sembako kepada warga sekitar

"Bakti sosial ini juga fokus, kami fokus pada peningkatan pendidikan, sehingga para siswa dari SD sampai SMA di undang, untuk mengikuti kegiatan ini. Ada juga kegiatan literasi," kata Danrem Kolonel Inf J Binsar P Sianipar.

Ketua Tim Pengawas Dan Evaluasi Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dari Mabes TNI AD, Kolonel Inf Hendri Sembiring, mengatakan bahwa pihaknya ingin melihat sejauh mana bakti sosial dan kegiatan sejenis lainnya bisa lebih maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami datang dari Mabes TNI dalam rangka pengawasan kegiatan bakti TNI dan bantuan sosial yang dilakukan oleh Korem 172/PWY. Tujuan kami ke sini adalah untuk meningkatkan pencapaian sasaran yang sudah digariskan oleh komando. Kegiatan ini merupakan salah satu dari merekatkan hubungan TNI dan rakyat," kata Kolonel Inf Hendri Sembiring.

Sementara itu, Dian salah satu pelajar SD yang ikut kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada TNI, khususnya Korem 172/PWY dan jajarannya yang telah membagikan sejumlah buku dan alat tulis.

"Pemberian ini sangat membantu kami sebagai pelajar untuk lebih termotivasi dalam meraih prestasi," katanya.

Pantauan di lapangan, sejumlah anak PAUD juga terlihat membaca buku dari perpustakaan keliling yang dibimbing oleh sejumlah Kowad dari jajaran Korem 172/PWY.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024