Asmat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, melalui Dinas Informasi Komunikasi Statistik dan Persandian setempat menggelar pelatihan standar kompetensi kerja nasional (SKKNI) di Agats, Rabu (23/10).

Setelah mengikuti pelatihan tersebut, para peserta yang bergelut di bidang teknologi, informasi dan komunikasi pada lingkup Pemkab Asmat diberikan sertifikat SKKNI.

Kegiatan itu dibuka oleh Asisten I Setda Asmat Yustus Kakom, dan dihadiri sejumlah pimpinan instansi daerah.

Sedangkan narasumber berasal dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika Henry Suseno dan sejumlah staf.

Materi pelatihan SKKNI berkaitan dengan sistem kerja operator komputer, desainer grafis, teknisi jaringan jaringan komputer dan operator layanan kehumasan.

Asistem I Setda Asmat Yustus Kakom mengatakan bahwa dalam era digital dewasa ini, kompetensi di bidang teknologi, informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan yang sangat penting.

“Karena fungsi dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja,” kata Yustus.

Ia mengatakan kehadiran fasilitas teknologi informasi dan komunikasi mendongkrak kinerja perorangan maupun lembaga. Teknologi menurutnya berkembang dengan cepat dan mempengaruhi efektivitas kerja.

“Dewasa ini berkembang sistem pelayanan berbasis digital. Karenanya kita yang menjadi elemen pemerintah perlu memanfaatkan tekonologi informasi dan komunikasi demi terselenggaranya pelayanan publik yang lebih baik, khususnya di Asmat,” ujarnya. (*/adv)

Pewarta : Emanuel Riberu
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024