Jayapura (ANTARA) - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, terus mendorong penetapan orientasi ekonomi dan bisnis yang berkelanjutan.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uncen, Mesak Iek di Jayapura, Kamis, mengemukakan orientasi itu tertuang dalam visi dan misi di fakultas yang dipimpinnya.

"Visi kami  mewujudkan fakultas ekonomi yang berdaya saing tinggi dan berorientasi pada ekonomi dan bisnis yang berkelanjutan," kata Mesak.

Dengan misi antara lain menghasilkan lulusan yang memiliki kecerdasan akademik, spiritual, emosional, sosial dan berkarakter serta berwawasan lingkungan.

Selanjutnya, menghasilkan layanan Iptek yang berbasis IT ditingkat fakultas, mengembangkan administrasi fakultas ekonomi sesuai tugas dan fungsi pokok yang jelas dan tegas.

Mesak mengatakan, hingga kini ada tiga jurusan di Fakultas Ekonomi, pertama jurusan ilmu manajemen, jurusan ilmu ekonomi dan jurusan akutansi. Dari tiga jurusan itu ada delapan program studi. Dari delapan program studi itu, program studi strata satu (S1) tiga program studi yakni program studi manajemen, dan program studi ekonomi pembangunan, program studi aku tansi.

Strata dua (S2) tiga program studi yaitu program magister manajemen, program magister ilmu ekonomi, dan program magister akuntasi. Kemudian, dua program doktor program doktor ilmu ekonomi dan program doktor ilmu manajemen.

Jumlah dosen yang kini mendukung misi dan visi tersebut demi membekali mahasiswa agar berorientasi ekonomi di Fakultas tersebut sebanyak 82 orang, terdiri dari empat profesor, 31 orang doktor sedangkan sisanya magister. Kemudian, lektor kepala sebanyak 31 orang, sedangkan lektor pendiri 58 orang, dosen ahli 20 orang, tenaga pengajar sebanyak 10 orang.

"Minat mahasiswa yang masuk di Fakultas Ekonomi ini beda-beda tipis. Sebelumnya hanya dua kelas yakni kelas A dan B, namun kini sudah empat kelas yakni kelas A, B, C dan D. Kebanyakan mahasiswa itu ada di akuntansi dan ilmu manajemen. Jumlah mahasiswa kami sekarang itu sekitar tiga ribu lebih," ujarnya.

Hingga kini, alumni di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uncen 7.847 lulusan, kemudian program magister manajemen sudah 1.202 lulusan, kemudian untuk program magister ilmu ekonomi sudah meluluskan 1.46 orang, sedangkan magister akuntansi baru 98 orang, program doktor ilmu ekonomi hingga kini sudah meluluskan 25 orang.

Selanjutnya, untuk strata tiga (S3) manajemen baru meluluskan 14 orang. Dengan demikian jumlah total alumni sebanyak 10.232 orang. Fakultas itu juga sudah 75 persen meraih akreditasi B hanya dua program studi yang sementara masih menunggu asesor yaitu program doktor ilmu manajemen dan ilmu ekonomi.

"Barangnya sudah kami kirim sementara kami asesor turun untuk melakukan akreditasi," ujarnya.

Ia menjelaskan, hingga kini pihaknya masih terkendala ruang kuliah mahasiswa yang terbatas, karena jumlah mahasiswa banyak sehingga mahasiswa mengikuti perkuliahaan sampai malam hari.

"Kami juga terkendala di beasiswa untuk teman-teman dosen melakukan studi lanjut akhirnya kami terkendala. Kini ada 45 staf dosen atau 67 persen dosen yang masih bergelar magister atau master. Kami berharap kalau bisa 80 sampai 90 persen dosen kami itu sudah doktor semua,"

Kendala lainnya, kata dia, jurnal di fakultas ekonomi belum terakreditasi sehingga kurang mendukung dalam proses penyusunan pangkat rekan-rekan dosen. "Nah, itu kendala yang sangat serius kami hadapi di fakultas ini," ujarnya.

Dia menambahkan, kini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uncen sudah berusia 26 tahun, pihaknya sudah merayakan Dies Natalis Fakultas Ekonomi yang ke-26 tahun pada Senin (4/11) lalu.

"Semua teman-teman dosen, pegawai, mahasiswa, semua hadir. Istilahnya kami mengucap syukur di usia 26 tahun. Fakultas ini berdiri sejak 4 November 1993, dan waktu itu diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Prof Dr Joyo Hadikusumo," ujarnya


Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024