Jayapura (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua memprediksi sektor konstruksi akan mengalami peningkatan pada 2020, yang antara lain dipicu perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cenderawasih tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga di Jayapura, Papua, Kamis, mengatakan pada 2020, sektor konstruksi akan memberikan pertumbuhan bagi perekonomian Papua.

"Selain dari konstruksi, konsumsi masyarakat merupakan salah satu faktor terbesar juga dalam pergerakan perekonomian Papua," katanya.

Namun demikian, menurut Naek, perlu diwaspadai pada 2020, inflasi cenderung meningkat, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah mengantisipasinya.

"Perlu snergi yang baik dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan kabupaten/kota untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan dan perlu diantisipasi dari awal 2020 oleh tim inflasi daerah baik di tingkat provinsi maupun di kabupate/kota," ujarnya.

Dia menjelaskan tim inflasi ini akan melakukan koordinasi untuk mengantisipasinya, sehingga pada 2020, inflasi Papua masih terjaga sekitar 3,1 persen.

"Kami harapkan dari pemprov bagaimana seluruh stakeholder yang ada di Papua melakukan sinergi dan bisa berjalan dengan baik," katanya.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024