Jayapura (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang membangun dua pos lintas batas negara (PLBN) yang berlokasi di selatan Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini (PNG).

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Papua Corneles Sagrim di Jayapura, Jumat, mengatakan dua PLBN yang dibangun itu berlokasi di Sota, Kabupaten Merauke dan Yatetkum, Kabupaten Boven Digul.

"Pembangunan PLBN Sota diharapkan selesai Desember dengan dana yang dialokasikan sebesar Rp99,9 miliar. Pengerjaan fisik saat ini mencapai 77,60 persen dan keuangan 81 persen," kata Sagrim seraya menambahkan, PLBN yang dibangun adalah type c namun juga dilengkapi sarana penunjang lainnya seperti pasar.

Untuk pembangunan PLBN Yetetkun dana yang disediakan sebesar Rp166 miliar dan ditargetkan selesai 2021.

“PLBN Yetetkun dalam tahap lelang,” kata Sagrim seraya mengatakan Balai Pembangunan Jalan Nasional Wilayah Merauke saat ini sedang membuka badan jalan mengingat selama ini hanya ada jalan setapak.

"Bila pembangunan badan jalan dari Distrik Tinati ke Yatetkun sepanjang 30 KM selesai dilaksanakan diharapkan dapat mempercepat proses pengiriman logistik ke Yatetkun," tambahnya.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024