Timika (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Mimika, Papua mengantisipasi potensi kerawanan kamtibmas di wilayah itu menjelang pergantian tahun 2019 menuju tahun 2020.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata di Timika, Kamis, mengatakan berbagai modus tindak pidana biasanya marak terjadi di Timika menjelang akhir tahun seperti kasus jambret, copet, pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Tidak itu saja, kini juga mulai marak aksi pemalangan jalan oleh oknum warga yang menuntut pembayaran ganti rugi lahan ke Pemkab Mimika.

"Berbagai modus kejahatan dan kerawanan kamtibmas itu biasanya faktor pemicunya karena desakan ekonomi sehingga pelaku nekad melakukan hal-hal berbenturan dengan hukum. Ini yang kami antisipasi," kata AKBP Era Adhinata.

Selain itu, katanya, polisi juga kini terus menggiatkan operasi dan cipta kondisi terutama pada malam hari pada jam-jam rawan guna meminimalisasi terjadinya tindak pidana.

Salah satu potensi gangguan kamtibmas di wilayah Timika dan sekitarnya yang biasanya sering terjadi saat menjelang pergantian tahun yaitu kebiasaan pesta minuman keras beralkohol hingga mabuk yang berpotensi memicu gesekan antarkelompok masyarakat.

Polres Mimika menyambut positif terbitnya surat edaran Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang telah membatasi waktu beroperasinya tempat hiburan malam seperti bar, discotik, tempat pijat, tempat karaoke dan lainnya yaitu hanya dibuka empat jam sehari mulai pukul 22.00 WIT hingga pukul 02.00 WIT.

Kapolres menginstruksikan agar warga setempat tidak menyalakan petasan yang memicu ledakan dan bunyi yang keras sehingga bisa mengganggu orang lain sebelum malam pergantian tahun.

"Diusahakan agar petasan dan kembang api itu jangan dulu dimainkan sebelum malam pergantian tahun, apalagi sekarang ini umat kristiani sedang memasuki masa advent dan sebentar lagi akan merayakan Natal. Bunyi-bunyian petasan itu tentu menimbulkan kegaduhan dan mengganggu orang lain yang melaksanakan ibadah. Nanti ada waktunya yaitu saat malam pergantian tahun," imbau AKBP Era Adhinata.

Pada Kamis siang jajaran Polres Mimika menggelar serah terima jabatan sejumlah pejabat Kapolsek dan Kasat.

Para pejabat baru yang melaksanakan sertijab di lingkungan Polres Mimika itu yaitu AKP Burhanudin Yusuf Hanafiah yang menjabat Kasat Reserse dan Kriminal menggantikan AKP I Gusti Agung Ananta Pratama yang dimutasikan ke Polda Jawa Timur. Sebelumnya AKP Burhanudin menjabat Kasat Reserse Narkoba di Polresta Jayapura.

Selanjutnya Kasat Narkoba dijabat oleh Iptu Sugarda Aditya Wibawa menggantikan Iptu Laurentius Kordiali. Iptu Sugarda sebelumnya bertugas di Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua, sementara Iptu Kordiali dipromosikan dalam jabatan baru sebagai Perwira Urusan Subbagnev Bagbinopsnal Ditpolairud Polda Papua.

Jabatan Kapolsek Mimika Baru juga diserahterimakan dari AKP Pillamonia Ida Waimramra kepada Komisaris Polisi Sarajju. AKP Ida mendapat promosi tugas sebagai Kepala Seksi SIM Subdittregident Ditlantas Polda Papua, sementara Kompol Sarajju sebelumnya menjabat Kepala Unit 2 2 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Papua.

Kapolsek Kawasan Bandara Mozes Kilangin Timika juga diserahterimakan dari Ipda Enis M.Romony kepada Ipda Eduardus Edison. Ipda Enis akan menempati jabatan baru sebagai Kapolsek Kawasan Pelabuhan Jayapura, sementara Ipda Eduardus sebelumnya menjabat Kapolsek Sinak, Kabupaten Puncak.

Sementara jabatan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Pomako dipercayakan kepada Ipda Ronny R Samory yang menggantikan Iptu Ferry Mehue. Ipda Ronny sebelumnya menjabat Kanit Reskrim Polsek Kawasan Pelabuhan Jayapura, sementara Iptu Ferry sebelumnya menjabat Kasat Lantas Polres Merauke.

Adapun Kapolsek Agimuga dijabat Ipda Fretz Feky Hatu yang sebelumnya bertugas di Polres Puncak Jaya menggantikan Ipda I Made Kumpul.

Kapolsek Mimika Barat dijabat oleh Iptu Alfred Daniel Wasia menggantikan Iptu Yacobus Sera Ayatoni.

Waka Polsek Kuala Kencana Ipda Joice Vera Andriani Ohei mendapat promosi tugas sebagai Paur Subbagselek Bagdalpers Biro SDM Polda Papua, sementara Ipda Devrizal yang sebelumnya menjabat KBO Satlantas Polres Mimika mendapat promosi tugas sebagai Pejabat Sementara Kasat Lantas Polres Yahukimo.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024