Jayapura (ANTARA) - Babinsa Koramil 1710-06/Agimuga, Serka Ramli Ratau bersama petugas kesehatan Puskesmas Jita sosialisasi atau memberikan penyuluhan tentang HIV/Aids kepada warga binaan di Kampung Jita, Distrik Jita, Kabupaten Mimika, Papua, Senin sore.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Eko Daryanto di Kota Jayapura Senin malam mengatakan penyakit HIV/Aids masih menjadi beban pekerjaan pemerintah yang harus diselesaikan, karena Papua menjadi daerah yang penduduknya banyak mengidap penyakit tersebut.

"Sehingga Babinsa Agimuga Serka Ramli peduli dengan kondisi di wilayah binaannya mengajak petugas kesehatan Puskesmas Jita untuk memberikan sosialisasi terkait penyakit tersebut kepada warga binaannya," katanya.

Kegiatan penyuluhan ini, kata dia, dilaksanakan usai karya bakti bersama di Kampung Jita, Distrik Jita, Kabupaten Mimika.

"Menurut Serka Ramli kegiatan penyuluhan ini sudah lama direncanakan dan dilaksanakan beberapa kali namun tidak pernah maksimal karena kurangnya peserta yang hadir," katanya.

Selaku Babinsa di Kampung Jita, lanjut dia, Serka Ramli ingin membuat terobosan baru dengan memberikan penyuluhan langsung sekaligus menjalin komunikasi dengan warga kampung setempat.

"Pada momentum itu, Serka Ramli pun memberikan imbauan kepada warga, khususnya anak muda agar tidak melakukan hubungan seks bebas dengan pasangan sebelum menikah karena akan meningkatkan risiko terkena penyakit HIV/Aids serta agar meningkatkan keimanan dengan rajin beribadah sehingga terhindar dari tindakan negatif,” katanya.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024