Jayapura (ANTARA) - Para pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kota Jayapura diiimbau senantiasa tertib berlalu lintas di jalan raya serta menjauhi tindakan kriminal.

"Pakailah helm pengaman ketika menggunakan kendaraan di jalan raya," harap Kapolsek Jayapura Selatan AKP Yosias Pugu ketika menjadi pembina upacara di SMAN 4 Jayapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Senin.

Dalam upacara bendara yang diikuti oleh Kepala SMAN 4 Kota Jayapura Laba Sembiring, para guru dan staf serta para pelajar dengan jumlah 300 orang. 

Kapolsek Jayapura Selatan AKP Yosias Pugu memberikan amanat kepada peserta upacara bertujuan untuk meningkatkan disiplin kepada para pelajar serta menekan kasus kriminalitas dan kekerasan yang melibatkan anak-anak, baik pelaku maupun korban kejahatan. 

Dan tak lupa Kapolsek menghimbau agar para pelajar untuk disiplin dalam berlalu lintas karena sangat perlu dilaksanakan oleh pelajar, misalnya penggunaan helm berstandar SNI dan etika dalam berlalu lintas. 

"Kita semua harus taat pada peraturan perundang-undangan yang salah satunya mentaati aturan rambu-rambu lalu lintas dan pada saat mengendarai kendaraan sepeda motor agar menggunakan helm serta lengkapi dengan surat-surat kendaraan lainnya," imbuh Kapolsek AKP Yosias Pugu.

Kapolsek juga menghimbau kepada pelajar agar tidak mencoba-coba menggunakan narkoba dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

"Karena sekali mencoba akan sulit lepas dari hal tersebut dan akan merusak masa depan bahkan berujung kematian," kata AKP Yosias Pugu.

Sementara itu, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas mengatakan maksud dan tujuan diadakan pembinaan ke sekolah-sekolah di wilayah hukum Polsek Jayapura Selatan adalah untuk membangun kemitraan dengan komunikasi sekolah dalam rangka program polisi peduli anak. 

"Dan kegiatan ini akan dilakukan secara terus berkesinambungan dengan menyasar semua sekolah yang ada di wilayah hukum Polsek Jayapura Selatan ataupun di jajaran polsek lainnya," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024