Jayapura (ANTARA) - Siswa TK Kemala Bhayangkari X Kabupaten Merauke,Papua menggelar study tour ke kebun di Jalan Raya Mandala, Bampel untuk mengenalkan lingkungan dan potensi sumber daya alam setempat.. 

Puluhan anak-anak TK itu diperkenalkan pendidikan berbasis pengetahuan alam guna mengenalkan macam-macam tanaman diantaranya sayur-sayuran serta cara penanamannya.

Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Merauke Diaz Ary yang turut hadir mendampingi anak-anak dalam keterangan tertulisnya kepada ANTARA di Kota Jayapura, Selasa malam mengatakan pendidikan berbasis pengetahuan alam sangat diperlukan bagi anak-anak usia dini.

"Anak-anak ini diajarkan untuk gemar memakan sayur-sayuran, sehingga kami mengajak langsung ke kebun agar anak anak tahu proses penanamannya dan pentingnya proses awal tanaman itu sampai sampai jadi dan siap dikonsumsi," ungkap.

Menurut dia, study tour ini di gelar agar anak-anak juga tidak bosan dengan pelajaran di dalam kelas.

"Apalagi anak-anak yang selama ini dominan belajar dalam kelas, dengan pengetahuan dasar alam ini, anak-anak mampu menyerap ilmu tambahan selain dari teori, kali ini mereka bisa praktek langsung di lapangan," katanya.

Dalam kegiatan study tour itu, anak-anak siswa dari TK Kemala Bhayangkari X Kabupaten Merauke juga diberikan sayur untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing.. 

"Hasil panen sayur yang dilakukan oleh anak-anak diberikan ke mereka masing-masing, dengan begitu pulang dari sini anak-anak bisa langsung olah dan memakan sayur, ini juga salah satu cara agar anak anak gemar memakan sayur," katanya.

     

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024