Jayapura (ANTARA) - Direktorat Polairud Polda Papua bersama warga menanam 1.000 pohon mangrove di pesisir Kampung Nafri, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jumat.

Direktur Polairud Polda Papua Kombes Pol Kasmolan usai penanaman mengatakan aksi penanaman pohon itu serentak dilakukan oleh polda di seluruh Indonesia, yang berpusat di Banten.

"Hari ini kami menanam satu jenis pohon, yaitu pohon mangrove, karena cocok dan sesuai dengan tempat ini. Kegiatan ini sudah kami laksanakan beberapa hari kemarin, namun puncaknya pada hari ini, Jumat, 21 Februari 2020. Di tempat ini kami menanam sebanyak 1.000 pohon mangrove," katanya.

Dengan harapan penanaman pohon mangrove ini dapat mengurangi abrasi terhadap air laut sehingga tanah yang ada di pesisir Kampung Nafri bisa terjaga, termasuk bisa melindungi ekosistem yang ada dan bisa mendatangkan manfaat ekonomi bagi warga setempat.

"Penanaman ini tentunya dilakukan secara bertahap, sesuai dengan bibit yang datang dari lokasi pembibitan. Penanaman ini tidak berhenti sampai di sini," katanya.

Karena, pohon mangrove yang ditanam perlu ada perhatian, yakni perawatan, untuk memastikan bahwa pohon itu bertumbuh dengan baik.

"Pada kesempatan kali ini kami juga mengajak kepada masyarakat sekitar agar mau merawat, dan bukan hanya menanam. Oleh sebab itu kami libatkan masyarakat untuk membantu kami, tentang apa yang kita perbuat ini agar dirawat dan benar-benar hasilnya di rasakan oleh masyarakat," kata Kombes Pol Kasmolan.

Sementara itu, Kepala Kampung Nafri Zakarias Hanuebi mengapresiasi penanaman 1.000 pohon mengrove yang dikoordinir oleh Direkorat Polairud Polda Papua.

"Kami sangat berterima kasih kepada Polda Papua telah menginisiasi kegiatan ini. Sehingga daerah konservasi yang tercatat di Kampung Nafri dapat terjaga dengan baik," katanya.

"Sekali lagi kami masyarakat pesisir Kampung Nafri sangat berterima kasih atas kegiatan penanaman pohon mangrove ini di tempat kami. Harapan kami agar Polda Papua dalam hal ini Direktorat Polairud Polda Papua dapat selalu menjaga daerah kami dalam hal ini laut kami, karena di situ lah tempat kami mencari ikan, agar jangan sampai ada masyarakat dari luar melakukan pemboman ikan, Karena dapat merusak terumbu karang," katanya.

Penanaman 1.000 pohon mangrove itu mengusung tema Polri peduli penghijauan pesisir pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir.

Pada momentum itu, Direktorat Polairud Polda Papua juga memberikan bantuan Sembako kepada masyarakat pesisir Kampung Nafri.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024