Jayapura (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Pegunungan Bintang (Pegubin) mendukung pelaksanaan kemah bakti untuk memperingati Hari Baden Powell ke-163 atau pergerakan Pramuka di halaman SD Balil Bacon, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

"Kami dari kepolisian mendukung pelaksanaan kemah bakti dan beberapa personel melaksanakan pengamanan di sekitaran lokasi perkemahan," kata Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Michael Mumbunan melalui Kepala Bagian Sumda AKP Willy Ansiga ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Minggu.

Menurut dia, lewat kegiatan pramuka bisa melatih kaum muda Papua khususnya para pelajar dalam kecakapan hidup serta melatih kepribadian diri.

"Pramuka sangat bagus untuk kaum pelajar agar memiliki kecakapan dan karakter hidup yang bagus," tambahnya.

Sehari sebelumnya, telah dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT Lord Baden Powell atau Bapak Pandu Dunia yang ke 163 di Halaman SD Balil Bacon Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pegunungan Bintang, Lagiasa dan juga bertindak selaku inspektur upacara, Pabung Satgaster Kodim Persiappan Mayor Inf Ketut dan Kepala Bagian Sumda Polres Pegunungan Bintang, AKP Willy Ansiga.

Lalu Danramil Oksibil, Lettu Inf Daud Walela, Danki Kopassus Letda Winarna, Danpamtas 509 Balawarayudha Lettu Inf Rahmat Hidayat, personel Satgas Pamrahwan Bataliyon 462 Paskhas, Pdt Anselmus Taplo, para pembina Pramuka, guru-guru Indonesia Mengajar serta anak-anak Pramuka.

"Pramuka baik Siaga, Penggalang dan Penegak diharapkan memiliki pribadi yang beriman, bertaqwa, berahlak mulia dan berjiwa patriotik," ujar dia.

Para Pramuka harus memiliki jati diri dan karakter, sebagaimana dikutip dalam salah satu Buku Lord Baden Powell, bahwa dengan Kepramukaan dapat melatih kaum muda untuk menjadi manusia yang waras, untuk dapat hidup dalam dunia yang edan," jelasnya.

"Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada para Pembina Pramuka serta elemen terkait yang sudah melaksanakan kegiatan kemah bakti, semoga kedepannya tetap terus dilakukan agar bisa membentuk karakter dan kepribadian bagi anak-anak generasi penerus bangsa," tambahnya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024