Jayapura (ANTARA) - Perum Bulog wilayah Papua mengandeng bank himpunan bank-bank Negara (Himbara) untuk memperlancar pelayanan penyaluran program pemerintah bantuan sembako tahun 2020 bagi keluarga penerima manfaat di wilayah Timur Indonesia.

Sesuai data ada lima kabupaten belum beroperasi Bank Himbara yakni Kabupaten Mamberamo Raya, Nduga,Yalimo, Puncak dan Kabupaten Waropen, ungkap Kepala wilayah Perum Bulog Papua dan Papua Barat, Sopran Kenedy dalam keterangan tertulis di Jayapura, Kamis.

Ia mengakui, pelayanan operasional bank-bank milik negara di lima kabupaten masih sangat dibutuhkan pihaknya dalam upaya mendukung penyaluran program sembako dari pemerintah melalui Kementerian Sosial tahun 2020.

Bank Himbara itu, lanjut Sopran diantaranya BNI, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI) serta Bank Tabungan Negara (BTN).

Mulai tahun 2020, pemerintah telah melakukan transformasi dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menjadi Program Sembako. Langkah ini merupakan salah satu terobosan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, jelasnya.

Kementerian Sosial pada tahun 2020 memprogram bantuan sembako sebagai pengganti program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan nilai indeks bantuan sebesar Rp110.000/KPM/bulan, sedangkan untuk program sembako indeks anggaran yang diberikan pemerintah meningkat menjadi Rp150.000/KPM/bulan.

Ketentuan Pedoman Umum Program Bantuan Sembako tahun 2020 dari Kementerian Koodinator bidang Pembangunan manusia dan kebudayaan Muhadjir Effendy disebutkan, penyaluran bantuan program sembako disalurkan kepada KPM dengan menggunakan sistem perbankan.

Dana bantuan sembako yang kemudian dapat digunakan untuk memperoleh beras dan/atau telur di e-Warong sehingga KPM juga memperoleh asupan gizi yang lebih seimbang.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024