Wamena (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua Anton Warkawani minta dinas kesehatan dan rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat mendata dengan cepat peralatan medis yang dibutuhkan dalam upaya pencegahan penanganan wabah virus Corona (COVID-19).

Sekda Anton melalui siaran pers Diskominfo yang diterima Antara di Wamena, Rabu, mengatakan penyebaran virus corona merupakan kejadian luar biasa sehingga perlu adanya kesiapan untuk pencegahan.

"Saya minta Kadinkes Alsen Genongga bersama Direktur RSUD Tolikara dokter Delwien Ester segera mendata paralatan medis yang dibutuhkan sehingga kita bisa ambil langkah-langkah cepat dan tepat untuk disiapkan," katanya.
 
Pada sosialisasi pencegahan virus corona yang melibatkan pimpinan OPD, Anton yang mewakili Bupati Usman G Wanimbo menghimbau ASN meniadakan sementara kunjungan kedinasan ke luar Tolikara.

"Saya minta untuk tetap berada di tempat tugas di Tolikara sampai wabah virus corona ini benar-benar pulih. Sama hal juga seluruh warga Tolikata apa bila ada renacana keluar daerah Tolikara sebaiknya ditunda dahulu sampai virus ini menghilang," katanya. 

Ia mengajak masyarakat menghentikan kebiasaan mengkonsumsi daging kurang matang.

"Mayoritas masyarakat Tolikara mengonsumsi daging babi dengan masakan ala masyarakat pengunungan untuk sementara dihentikan dulu karena apabila daging kurang matang kita makan berpotensi timbulnya virus," katanya.

Pemerintah Tolikara sudah menetapkan tiga titik pusat pemeriksaan terhadap setiap orang yang datang maupun keluar dari kabupaten itu.

"Tiga pusat pemeriksaan itu adalah Pos TNI Minagi, Bandara Karubaga serta Pos TNI Kanggime. Selain petugas kesehatan, akan dibantu TNI dan ASN di daerah setempat,"katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024